Liputan6.com, Jakarta Telkomtelstra bersama ipSCAPE, Oracle dan SME, menyediakan teknologi Cloud Contact Center dan Digital Customer Engagement guna mengimplementasikan telehealth di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan.
Melalui teknologi ini, rumah sakit dan dokter spesialis dapat tetap memberikan layanan kesehatan berupa konsultasi pasien poliklinik non-Covid demi mengurangi risiko terpapar COVID-19. Teknologi membantu pasien berkunjung ke rumah sakit, sekaligus memperluas layanan bagi lebih banyak pasien dengan aman.
Teknologi Ini Bantu RS Layani Sekaligus Lindungi Pasien dan Nakes saat Pandemi Covid-19
Liputan6.com, Jakarta Telkomtelstra bersama ipSCAPE, Oracle dan SME, menyediakan teknologi Cloud Contact Center dan Digital Customer Engagement guna mengimplementasikan telehealth di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan.
Melalui teknologi ini, rumah sakit dan dokter spesialis dapat tetap memberikan layanan kesehatan berupa konsultasi pasien poliklinik non-Covid demi mengurangi risiko terpapar COVID-19. Teknologi membantu pasien berkunjung ke rumah sakit, sekaligus memperluas layanan bagi lebih banyak pasien dengan aman.
Teknologi ini dapat membantu pasien yang terinfeksi atau dicurigai terpapar virus COVID-19 untuk dimonitor dan dinilai secara remote (jarak jauh) oleh RSUD Tarakan. Pantauan terkait kondisi kesehatannya serta rekam medis penyakit yang sudah ada sebelumnya.
Solusi ini diberikan untuk poliklinik dengan risiko COVID-19 yang tinggi dan penyakit komorbid, yakni untuk dokter spesialis paru, spesialis THT, spesialis penyakit dalam, spesialis jantung dan spesialis syaraf.
Berbekal kedua teknologi tersebut, rumah sakit dapat mengidentifikasi penyakit dan memberikan perawatan yang tepat serta mengurangi interaksi fisik antara petugas medis dan pasien.
Sebagai sarana untuk bisa melindungi petugas medis dari risiko virus COVID-19, teknologi ini juga secara transparan menyimpan segala rekam medis sebagai bentuk interaksi pasien dan dokter dalam bentuk digital.
“Kami sangat senang dapat mendukung RSUD Tarakan dalam memberikan solusi telehealth yang bertujuan untuk mencegah kunjungan fisik pasien yang tidak kritis ke rumah sakit,” kata Agus F Abdillah, Chief Customer Officer Telkomtelstra.