Bahas Pentingnya Public Sector Accounting, FEB Adakan Kuliah Umum

Pentingnya Public Sector Accounting

Jakarta (Unas) – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Nasional (Unas) adakan kuliah umum bahas pentingnya public sector accounting, pada Sabtu (4/12). Kegiatan ini diisi pemaparan materi oleh Assistant Professor in Accounting University of Canberra, Harun, Ph.D., dan dipandu oleh Dosen FEB Unas, Dr. Padri Achyarsyah, S.E., M.Si. CPA. selaku moderator.

Dalam paparannya yang berjudul ‘The Future of Public Sector Accounting’, Harun, Ph.D., mengatakan bahwa akuntansi sektor publik ialah proses pencatatan, analisis, serta interpretasi informasi keuangan pemerintahan yang dilakukan secara detail. Sementara sektor publik yakni seluruh organisasi yang tidak dijalankan secara pribadi, melainkan dioperasikan oleh pemerintah atas nama publik.

Harun, Ph.D.

Menurutnya, pengelolaan akuntansi sektor publik di Indonesia tengah memasuki masa post modern. Akuntansi yang bergerak pada domain publik ini memiliki peran yang strategis untuk mewujudkan tata kelola publik dan perusahaan yang baik atau good public and corporate governance.

“ Akuntansi sendiri merupakan alat pengendalian dan perencanaan organisasi, perecanaan strategik dalam perusahaan, pemberian informasi biaya, penganggaran, serta penentuan dan penilaian kinerja. Sektor akuntansi penting dipelajari karena memberikan efek jangka panjang bagi publik dan perusahaan, dengan tujuan mencapai good public and corporate governance, ” ujarnya.

Ia menambahkan, akuntansi sektor publik masih revelan untuk dipelajari dijenjang S1, S2, maupun S3. Mata kuliah ini juga baik diajarkan di Universitas-Universitas, agar mendukung terciptanya negara yang lebih sejahtera dan bisa melahirkan akuntan publik yang profesional.

“ Semasa perkuliahan, mahasiswa akan memahami bahwa akuntansi sektor publik dapat mengukur kinerja sektor publik saat ini dan melakukan perencanaan operasi dimasa depan serta menilai efisiensinya. Selain membantu perencanaan, akuntansi sektor publik juga dapat memastikan legalitas transaksi yang sesuai dengan Undang-undang dan norma yang berlaku, ” tegasnya.

Baca Juga :   Perkuat Organisasi Advokat, Fakultas Hukum UNAS Gelar Diskusi Soal Single Bar
Dr. Bambang Subiyanto, S.E.,M.Ak, CPA.

Dihelat secara virtual, kegiatan ini turut dihadiri oleh sambutan dari Dekan FEB Unas, Kumba Digdowiseiso, S.E., M.App. Ec., Ph.D., yang diwakili Ketua Program Studi Akuntansi FEB Unas, Dr. Bambang Subiyanto, S.E.,M.Ak, CPA. Ia mengatakan bahwa kuliah umum ini bertujuan untuk memberikan informasi betapa pentingnya akuntansi sektor publik yang diajarkan semasa perkuliahan.

“Akuntansi menjadi salah satu sektor penting dalam pemerintahan. Mudah-mudahan ilmu yang didapatkan pada kuliah umum ini dapat meningkatkan wawasan mengenai akuntansi dan bisa memberikan solusi dalam masalah organisasi,” tutur Bambang. (NIS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!