Tim PKM UNAS Lakukan Pemeriksaan Kesehatan pada Ibu Hamil di Kelurahan Bantarjaya, Bogor

Jakarta (UNAS) – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat UNAS melakukan pemeriksaan kesehatan pada ibu hamil. Pemeriksaan yang dilakukan berupa pemeriksaan kadar Hemoglobin (Hb) dan upaya meningkatkan kadar Hb melalui pemanfaatan jambu kristal. Kegiatan PKM ini dilakukan di Posyandu Nangka, Kelurahan Bantarjaya, Kecamatan Rancabungur, Bogor, Jawa Barat, pada Rabu, 10 Juli 2024.

“Pada hari ini kami telah melaksanakan pengabdian pada masyarakat dengan pemeriksaan kesehatan kadar hemoglobin dan upaya meningkatkan kadar Hb melalui pemanfaatan jambu kristal pada ibu-ibu hamil di Kelurahan Bantarjaya, Bogor,” ujar Ketua Tim Pelaksana Program Hibah Dikti Prof. Dr. Retno Widowati, M.Si.

Prof. Retno berharap program PKM ini dapat terus dilanjutkan, sebagai upaya dalam pendampingan kepada ibu hamil agar memperoleh HB normal serta dapat melahirkan generasi yang sehat, cerdas dan unggul.

Ketua Tim Pelaksana Program Hibah Dikti Prof. Dr. Retno Widowati, M.Si. saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat di Posyandu Nangka, Kelurahan Bantarjaya, Kecamatan Rancabungur, Bogor, Jawa Barat.

“Kami berharap bahwa program ini akan berkelanjutan sampai dengan ibu-ibu hamil memperoleh HB normal dan kami senantiasa menginginkan ibu hamil selalu sehat sehingga dapat melahirkan generasi generasi yang sehat, cerdas dan unggul,” ungkap Prof. Retno.

Adapun tim PKM UNAS terdiri dari Prof. Dr. Retno Widowati, M.Si., sebagai Ketua Tim Pelaksana Program Hibah Dikti, Dr. Bdn. Rukmaini, S.ST., M.Keb., sebagai Anggota, Bdn. Febry Mutiariami Dahlan, S.ST., M.Keb., sebagai Anggota serta dua orang Mahasiswi Fakultas Ilmu Kesehatan UNAS yaitu Gani Putri Aryanto dan Fitri Farihatul Maziyyah yang mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan rekognisi mata kuliah di prodi Kebidanan.

Pendanaan  kegiatan PKM ini berasal dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi melalui hibah kemitraan tahun 2024. Adapun skema PKM ini yaitu pemberdayaan berbasis masyarakat dengan ruang lingkup pemberdayaan kemitraan masyarakat.

Baca Juga :   TERBENTUK FORUM KOMUNIKASI DA'I RESTORASI GAMBUT

Kegiatan yang diikuti 29 ibu hamil ini dimulai pukul 09.00 WIB ini diawali dengan pembukaan oleh Ketua Tim Pelaksana Program Hibah Dikti Prof. Dr. Retno Widowati, M.Si. kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan dan pemberian materi oleh anggota PKM Dr. Bdn. Rukmaini, S.ST., M.Keb., dengan judul materi “Cegah Anemia Pada Ibu Hamil Dengan Jambu Kristal”. Pada kegiatan PKM ini, masing-masing ibu hamil dibekali jus jambu kristal dan susu bubuk oleh tim PKM.

Ketua Kader Posyandu Nangka Irmawati bersama dengan Bidan Novi Sugiharti, S.Keb., yang juga sebagai mitra kegiatan PKM ini turut menyampaikan banyak terima kasih kepada tim PKM dari UNAS yang telah membantu untuk meningkatkan HB atau mencegah anemia pada ibu hamil. “Kami berterima kasih atas pengabdian masyarakat yang diberikan dari Universitas Nasional sebagai upaya untuk meningkatkan HB atau mencegah anemia pada ibu hamil,” ungkap.

Acara ini selesai pukul 12.00 WIB ditandai dengan foto bersama oleh tim PKM dan ibu hamil. (*DMS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!