Kreativitas dan Inovasi dalam Pameran UNAS, UPTWM Gelar UNAS Entrepreneur Exhibition 2024

Jakarta (UNAS) – Unit Pelaksanaan Teknis Wirausaha Mandiri (UPT WM) Universitas Nasional (UNAS) kembali menggelar acara tahunan selama dua hari (16-17 Juli 2024),  yakni UNAS Entrepreneur Exhibition bertajuk “Masa Depan Berkelanjutan: Produk Inovatif untuk Kebaikan Bersama. UNAS Entrepreneur merupakan pameran dan workshop yang bertujuan guna memotivasi mahasiswa dalam menciptakan produk atau jasa inovatif yang berpotensi untuk dikembangkan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., Direktur Inkubator Wirausaha Mandiri (IWM) Unas, Dr. Drs. Suadi Sapta Putra, M.Si.M, Kepala UPT WM UNAS Dr. Ir. Farida, M.M., Pembicara Workshop Hidroponik Dedi Diana, S.P, Ketua Program Studi Sastra Inggris Dr. Siti Tuti Alawiyah, S.S., M.Hum., Narasumber Seminar Drs. Amru Mahalli, MM (CSR & Communivation Advisor PT. Energi Mega Persada Holding Company Bakrie Group) beserta dosen dan staf UNAS.

Dalam kegiatan ini, UPT WM UNAS bekerja sama dengan dosen Mata kuliah Kewirausahaan untuk  mengajak mahasiswa yang mengambil mata kuliah tersebut untuk membuat proposal rencana bisnis secara berkelompok. Proposal dan prototype akan diseleksi untuk kompetisi dalam pameran prototype produk mahasiswa.

Kemudian, UNAS Entrepreneur Exhibition 2024 mencakup beberapa kegiatan, yaitu : Pameran Prototipe produk kewirausahaan, workshop hidroponik, workshop pembuatan lilin aromaterapi dari minyak jelantah, workshop P2MW dan pengumuman pemenang prototype terbaik.

Dalam sambutannya, Kepala UPT WM UNAS Dr. Ir. Farida, M.M. menekankan pentingnya inovasi dan kewirausahaan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi serta menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. “Pameran ini adalah langkah awal untuk mengasah kemampuan berwirausaha para mahasiswa. Dalam era globalisasi dan digitalisasi ini, mahasiswa tidak hanya dituntut untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, namun juga memiliki jiwa wirausaha yang tangguh dan daya juang yang kuat,” ujarnya.

Baca Juga :   Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, HIMAKOM Langsungkan Workshop Komunikasi Visual

Ia menambahkan, dengan adanya acara ini diharapkan mahasiswa dapat termotivasi untuk mengembangkan ide-ide bisnis yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Farida berharap pameran ini menjadi inspirasi bagi mahasiswa untuk terus berkarya dan berkontribusi dalam pembangunan ekonomi Indonesia melalui kewirausahaan.

“Melalui UNAS Entrepreneur Exhibition 2024, UPT WM berharap mahasiswa dapat termotivasi untuk menciptakan produk inovatif yang potensial. Kelompok yang meraih juara akan mendapatkan pendamping dan mentoring dari UPTWM UNAS serta berkesempatan mengikuti kompetisi bisnis seperti PKM-K dan P2MW yang diadakan oleh Kemendikbud atau lembaga lainnya,” tuturnya.

Direktur Inkubator Wirausaha Mandiri (IWM) Unas, Dr. Drs. Suadi Sapta Putra, M.Si.M. mengatakan,  acara ini merupakan manifestasi dari semangat dan dedikasi bersama guna mengembangkan jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa.

“Semoga pameran dan workshop ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi kita semua untuk terus mendukung dan mengembangkan semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa. Mari bersama-sama membangun masa depan yang lebih cerah dengan ide-ide dan inovasi yang dimiliki,” pungkasnya.

Selain itu, terdapat pengumuman pemenang prototype diantaranya :

1.      Akhmad Yasin – Fakultas Hukum meraih Juara 1 dengan produk sabun cuci

2.      Muhammad Naufal – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Manajemen) meraih Juara 2 dengan produk Terrarium Tere Mere

3.      Bintang Hady – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Pariwisata) meraih Juara 3 dengan produk Hylite Magot

4.      Ayu Septiani Fauziyah – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Manajemen) meraih Juara Harapan 1 dengan produk Macrame

5.      Zulfah Salsabila Aisyah Hunardi – Fakultas Ilmu Kesehatan (Kebidanan) meraih Juara Harapan 2 dengan produk Aromatic Energy Boost

6.      Amelia Putri – Fakultas Hukum meraih Juara Harapan 3 dengan produk Cleva Beads.  (SAF)

Bagikan :
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!