Bangun Inovasi dan Kreativitas, Prodi Ilkom UNAS Gelar Seminar dan Pameran DKV 2024

Jakarta (UNAS) – Program Studi (prodi) Ilmu Komunikasi dalam mata kuliah Desain Komunikasi Visual (DKV) menggelar Seminar dan Pameran DKV – ILKOM 2024 yang bertajuk ‘Membangun Identitas Merek untuk Internasional dengan Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Kesadaran Merek’. Kegiatan ini berlangsung di Exhibition Room UNAS, Rabu, (24/7).

Acara ini menghadirkan berbagai narasumber ahli di bidangnya, Farhan Adli, Founder 7 Producer Ruang Lampu Studios, Marsha Iman Alina, Senior Graphic Designer dan Chandra Tan, Teacher at Al Azm (al ezem) Charter School, Abu Dhabi, UAE. (HADIR MELALUI ZOOM). Selain itu, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Djudjur Luciana, S.sos, M.Si, Ketua Pelaksana Vivitri Endah Andriani, S.I.Kom., M.I.Kom, Wakil Dekan Bagian Kemahasiswaan Dr. (C) Angga Sulaiman, S.I.P., M.A.P., Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi, Nursatyo, S.Sos., M.Si., Dosen UNAS, UKM FISIP UNAS serta Sponsorship juga hadir dalam kegiatan ini.

Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana Vivitri Endah Andriani, S.I.Kom., M.I.Kom, menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan mahasiswa dalam Desain Komunikasi Visual, serta memberikan pengalaman langsung dengan para profesional terkemuka di bidang pemasaran digital mulai nasional hingga internasional, sehingga mahasiswa dapat mengembangkan potensinya dalam bidang tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Djujur Luciana, S.sos, M.Si, mengatakan bahwa Seminar dan Pameran DKV – ILKOM 2024 merupakan sebuah acara tahunan yang diselenggarakan oleh prodi ILKOM UNAS. Acara ini tidak hanya menjadi ajang pembelajaran, namun juga sebagai kolaborasi antara mahasiswa, dosen, dan praktisi di bidang komunikasi dan desain visual.

“Dalam acara ini diharapkan dapat memberi wawasan dan kesempatan bagi para perintis bisnis mikro (UMKM) guna membangun identitas merek ke jenjang yang lebih luas dengan menggunakan digital marketing, serta dapat memberikan ilmu yang bermanfaat bagi mahasiswa mengenai identitas merek dengan strategi digital marketing,”ujar Djujur Luciana, S.sos, M.Si,

Baca Juga :   Angkat Revitalisasi Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesia, Antarkan Iramady Meraih Gelar Doktor Ilmu Politik

Setelah itu, Farhan Adli, Founder 7 Producer Ruang Lampu Studios, menjelaskan bahwa identitas brand adalah elemen-elemen visual dari sebuah brand, seperti warna, desain, dan logo, yang mengidentifikasi dan membedakan brand di benak konsumen.

Marsha Iman Alina, Senior Graphic Designer juga menjelaskan tentang perancang komunikasi visual atau desainer grafis yang merupakan dalang kreatif di balik identitas visual sebuah perusahaan. “Dengan berkembangnya media sosial dan platform digital lainnya, perusahaan harus memastikan bahwa identitas visual mereka konsisten di berbagai kanal. Desainer grafis bertanggung jawab untuk memastikan bahwa setiap materi promosi, di website, aplikasi, atau media sosial, selaras dengan identitas visual perusahaan,” pungkasnya.

Kemudian, setelah acara seminar berakhir, dilanjutkan dengan pameran DKV 2024. Berikut beberapa karya UMKM dalam acara pameran ini, Booth Aeterna foto polaroid, booth risol ma’er, booth neo mocha, booth eva pudding, booth metroplisock (kaos kaki), booth dapur mama mini, booth sneak snack, booth kinetic club tas dan jaket, booth warung makan sri rejeki, booth serabicilious, booth boule de ball, booth gangeats, booth ayam cabe ijo uni emi, booth piscok cakra beda, booth hits craft tanaman hias, booth fayo project rajut wol, booth kebab monarki, dan booth angkringan pak kumis.

Acara diakhiri pukul 14.00 WIB dengan penyerahan cinderamata seminar, foto bersama dan penilaian pameran booth yang dinilai oleh Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi, Nursatyo, S.Sos., M.Si., Farhan Adli, Founder 7 Producer Ruang Lampu Studios dan Ketua Pelaksana Vivitri Endah Andriani, S.I.Kom., M.I.Kom. (SAF)

Bagikan :
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!