Gandeng Indonesia Power, UNAS Berikan Pelatihan Pengembangan Pakan Budidaya Ikan di Warakas, Jakut

Jakarta (UNAS) – Dalam rangka pengembangan budidaya ikan, Universitas Nasional (UNAS) bekerjasama dengan Indonesia Power (Unit Bisnis Pembangkitan Priok) memberikan pelatihan kepada warga di RW 08 Kelurahan Warakas, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Pelatihan pengembangan pakan dalam budidaya ikan ini merupakan lanjutan dari program yang sebelumnya telah dilakukan yaitu pembesaran lele.

“Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari program pengembangan budidaya ikan di wilayah ini yang dulu hanya mengembangkan pembesaran lele tetapi kemudian berkembang menjadi pembibitan juga,” ujar Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UNAS Dr. Ir. Nonon Saribanon, M.Si., Jumat, 9 Agustus 2024.

Ia menambahkan, pembibitan lele perlu dikembangkan secara mandiri melalui budidaya cacing sutra yang merupakan makanan untuk anakan lele. “Pelatihan ini diharapkan terjadi siklus dalam pengembangan budidaya ikan lele yang lebih mandiri dengan seluruh kebutuhannya dikembangkan sendiri oleh kelompok,” tambahnya.

Saat ditemui di sela-sela kegiatan, Ketua PKK RW 08 Nunung Nurlina menyampaikan terima kasih atas pelatihan yang diberikan kepada warga di RW 08. Menurutnya, pelatihan ini sangat bermanfaat karena dapat membantu agar pengembangan ikan di RW 08 lebih baik lagi.

Pada kesempatan yang sama, warga RW 08 Johanes mengungkapkan pengembangan ikan di wilayahnya bertujuan untuk menurunkan angka stunting. Sehingga dengan adanya pelatihan ini selain menurunkan angka stunting lebih kecil lagi diharapkan juga dapat meningkatkan kesehatan masyarakat.

Kegiatan pelatihan diikuti oleh 12 warga di RW 08 yang ditunjuk untuk mengurusi pengembangan ikan. Pelatihan diawali dengan pemberian materi dari Indonesia Power setelah itu dilanjutkan oleh pemberian materi oleh Ketua LPPM UNAS Dr. Ir. Nonon Saribanon, M.Si. Setelah pemberian materi, para warga bersama dengan tim UNAS dan Indonesia Power melakukan pengecekan pada kolam ikan dan kolam cacing sutra.

Baca Juga :   Ambil Peluang Bisnis di Era New Normal, Dosen Pertanian Pamerkan Budidaya Microgreen

Acara ini pun ditutup pukul 12.00 WIB ditandai dengan foto bersama dengan tim dari UNAS, Indonesia Power dan warga. (*DMS)

Bagikan :
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!