KOMDIS UNAS Adakan Sosialisasi : Bangun Kesadaran Sivitas Terhadap Pencegahan dan Penanganan Penyimpangan

Jakarta (UNAS) – Komisi Disiplin Universitas Nasional (KOMDIS UNAS) mengadakan Sosialisasi Pencegahan Dan Penanganan : Kekerasan Seksual, Anti Narkoba, Anti Perundungan dan Toleransi. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Aula UNAS Blok I Lt.IV, Senin, (12/8).

Kegiatan ini diawali dengan registrasi peserta pada pukul 08.00, dan dilanjutkan dengan pembukaan, sambutan-sambutan, sosialisasi tentang pencegahan dan penanganan kekerasan seksual oleh satgas PPKS, sosialisasi tentang pencegahan dan penanganan narkoba dan ketertiban umum oleh satgas anti narkoba dan ketertiban umum serta diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., Kepala KOMDIS UNAS Surajiman, S.H., M.Hum., Ketua Program Studi Ilmu Hukum Masidin, S.H., M.H.,  Moderator Endang Retno Nugroho, S. Si., M. Si, Narasumber dr. Andi Julia Rifiana, M.Kes dan Silvia Putri Nurhidayanti, S.H., M.H, serta diikuti oleh civitas UNAS.

Dalam sambutannya, Kepala Komdis UNAS Surajiman, S.H., M.Hum. menekankan pentingnya peran semua pihak dalam menciptakan lingkungan yang aman dan sehat di universitas. Surajiman juga menjelaskan bahwa tujuan utama dari sosialisasi ini adalah untuk memastikan setiap individu di lingkungan kampus menyadari tanggung jawab civitas dalam mencegah dan menanggulangi tindakan-tindakan yang melanggar hukum dan etika.

“Dengan pemahaman yang baik, kita dapat bersama-sama mengurangi dan bahkan menghilangkan tindakan-tindakan yang merusak seperti penyalahgunaan narkoba, kekerasan seksual, perundungan dan intoleransi,” ujar Sujirman.

Ia menambahkan, sosialisasi ini juga melibatkan berbagai satuan tugas (Satgas) yang dibentuk untuk mengatasi isu-isu spesifik, yaitu Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS), Satgas Pencegahan dan Penanganan Pelanggaran Narkoba dan Ketertiban Umum, Satgas Pencegahan dan Penanganan Tindak Perundungan dan Intoleransi.

Baca Juga :   Universitas Nasional dan Rutgers University Kolaborasi Selamatkan Lingkungan

Sujirman berharap, setelah mengikuti sosialisasi ini, para peserta dapat lebih waspada dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitarnya, serta mampu mengambil tindakan yang tepat jika mendapati adanya penyimpangan.

Kegiatan ini ditutup oleh Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., selaku Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni, yang memberikan apresiasi kepada seluruh peserta dan panitia. “Saya berharap sosialisasi ini tidak hanya menjadi pengetahuan, tetapi juga diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari kita di kampus,” ungkapnya.

Sosialisasi ini diakhiri dengan foto bersama, menandai komitmen bersama untuk menciptakan lingkungan kampus yang lebih baik dan bebas dari segala bentuk penyimpangan. (SAF)

Bagikan :
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!