FH UNAS dan BAWASLU Perkuat Kolaborasi dengan Penandatanganan PKS, Gelar Diskusi Evaluasi Penegakan Hukum Pemilu

Jakarta (UNAS) – Fakultas Hukum Universitas Nasional (UNAS) terus memperkuat perannya dalam mendukung penegakan hukum dan demokrasi di Indonesia. Pada Rabu, (21/8), Fakultas Hukum UNAS dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) resmi menandatangani Perjanjian Kerjasama (PKS) yang bertujuan untuk memperkuat kolaborasi dalam berbagai kegiatan akademis dan pengawasan pemilu. Penandatanganan ini dilakukan di Cityloog Hotel Tebet, Jakarta, sebagai langkah awal dari rangkaian acara yang berlanjut dengan Diskusi Kelompok Terpumpun (FGD) bertema “Evaluasi Penegakan Hukum Tindak Pidana Pemilu: Problematika dan Solusinya.”

Kegiatan ini menghadirkan lima narasumber utama dari UNAS, yaitu Wakil Dekan FH UNAS Dr.Mustakim,S.H., M.H., Ketua Program Studi Ilmu Hukum UNAS Masidin, S.H., M.H., Dr. Hamrin, S.H., M.H., MSi., Dr. Sulistyowati, S.H., M.H., Achmad Sobari, S.H., M.H.P.Hd., serta dimoderatori oleh Sekretaris Program Studi Magister Hukum Pascasarjana Cucuk Endratno, S.H., M.H., dan Sekretaris Program Studi Doktoral Hukum Dr. Ummu Salamah, S.Ag., S.H., M.A.

Diskusi yang dihadiri kurang lebih  seratus  Mahasiswa Fakultas Hukum UNAS, 20 dosen dari Fakultas Hukum UNAS, serta beberapa dosen dari FISIP dan FTKI UNAS, bertujuan untuk mengevaluasi berbagai permasalahan dalam penegakan hukum tindak pidana pemilu, terutama menjelang pemilihan kepala daerah serentak yang akan dilaksanakan pada bulan November mendatang.

Dalam sambutannya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum UNAS Masidin, S.H., M.H., menekankan pentingnya tema yang diusung dalam FGD ini, mengingat konteks pemilihan umum yang akan datang. “Semoga tema ini dapat memberikan kontribusi nyata dalam mengevaluasi pelaksanaan pemilu di Indonesia, sehingga proses demokrasi berjalan dengan lebih baik dan adil,” ucapnya.

Suasana pelaksanaan FGD yang bertema “Evaluasi Penegakan Hukum Tindak Pidana Pemilu: Problematika dan Solusinya.”

Plt.Kepala Pusat Penelitian Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan(PuslitbangDiklat) Rahmat Jaya Parlindungan Siregar, dalam sambutannya, memaparkan data pelanggaran yang terjadi selama pemilu sebelumnya.  Berdasarkan data tahun 2004, terdapat 311 pelanggaran kode etik dan 191 pelanggaran peraturan perundang-undangan.

Baca Juga :   Penelitian & PKM Dosen dan Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Desa Wisata Cibuntu

“Proses pemilu di Indonesia sudah berlangsung lama, namun evaluasi dan perbaikan terus dibutuhkan untuk memastikan integritas dan kelancaran pemilu,” ungkapnya. Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Hukum UNAS Prof. Dr. Basuki Rekso Wibowo, S.H., M.S. menegaskan pentingnya peran mahasiswa dalam mengawasi dan menyuarakan segala bentuk penyimpangan yang terjadi dalam proses pemilu.

“Sebagai calon pemimpin bangsa, mahasiswa harus berani bersikap kritis dan tegas terhadap segala betuk kecurangan yang mungkin terjadi. FGD ini diharapkan menjadi wadah bagi mahasiswa untuk memperdalam pemahaman mereka tentang penegakan hukum pemilu,” tambahnya. FGD ini resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Hukum UNAS Prof. Dr. Basuki Rekso Wibowo, S.H., M.S., yang mengatakan bahwa pemilihan umum merupakan pilar penting demokrasi yang dijamin oleh Undang-Undang Dasar 1945. Maka dari itu, dengan pemilihan yang berintegritas dan partisipasi aktif dari masyarakat, semoga dapat mewujudkan pemilu yang lancar dan damai.

Kegiatan ini tidak hanya menegaskan komitmen FH UNAS dan BAWASLU dalam mendukung proses demokrasi, tetapi juga membuka ruang diskusi akademis yang diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi pelaksanaan pemilu yang lebih baik di masa depan. (SAF)

Bagikan :
Berita Terbaru
Kegiatan

Seminar Kewirausahaan Management Festival 2024

[𝐇𝐢𝐦𝐩𝐮𝐧𝐚𝐧 𝐌𝐚𝐡𝐚𝐬𝐢𝐬𝐰𝐚 𝐌𝐚𝐧𝐚𝐣𝐞𝐦𝐞𝐧 𝐔𝐧𝐢𝐯𝐞𝐫𝐬𝐢𝐭𝐚𝐬 𝐍𝐚𝐬𝐢𝐨𝐧𝐚𝐥 𝐏𝐫𝐨𝐮𝐝𝐥𝐲 𝐏𝐫𝐞𝐬𝐞𝐧𝐭] 🎪 𝗦𝗲𝗺𝗶𝗻𝗮𝗿 𝗞𝗲𝘄𝗶𝗿𝗮𝘂𝘀𝗮𝗵𝗮𝗮𝗻 𝗠𝗮𝗻𝗮𝗴𝗲𝗺𝗲𝗻𝘁 𝗙𝗲𝘀𝘁𝗶𝘃𝗮𝗹 𝟮𝟬𝟮𝟰🎪 🚨 𝙀𝙓𝙏𝙀𝙉𝘿𝙀𝘿🚨 𝐓𝐞𝐦𝐚 𝐒𝐞𝐦𝐢𝐧𝐚𝐫 : “𝑪𝒓𝒆𝒂𝒕𝒆 𝒂

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!