Kunjungan Edukatif Komunitas Peradilan Semu Fakultas Hukum UNAS ke Mahkamah Agung

Jakarta (UNAS) – Pada tanggal 22 Agustus 2024, Komunitas Peradilan Semu Fakultas Hukum Universitas Nasional (UNAS) mengadakan kunjungan edukatif dan audiensi ke Mahkamah Agung Republik Indonesia. Kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Ibu Indah Pratiwie, S.E., M.M., dan Hakim Yustisial/Panitera Pengganti pada Kamar Tata Usaha Negara, Bapak Anang Suseno Hadi, S.H., M.H.

Dalam kunjungan tersebut, sebanyak 80 mahasiswa Fakultas Hukum UNAS didampingi oleh dua dosen, yakni Bapak Dr. Hamrin, S.H., M.H., M.Si (Han) dan Bapak Zulfikar Pahlevi, S.H., M.H. Kunjungan ini bertujuan untuk memperluas wawasan mahasiswa mengenai tugas, fungsi, wewenang, dan mekanisme kerja Mahkamah Agung secara langsung.

Bapak Dr. Hamrin, S.H., M.H., M.Si (Han), dalam sambutannya sebagai perwakilan dosen, menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak Mahkamah Agung yang telah menerima audiensi dan kunjungan ini. Beliau berharap kunjungan ini dapat memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa tentang peran penting Mahkamah Agung dalam sistem peradilan di Indonesia.

Bapak Anang Suseno Hadi, S.H., M.H. kemudian memberikan pemaparan terkait visi dan misi Mahkamah Agung, yang meliputi:

– Visi: Terwujudnya Badan Peradilan Indonesia yang Agung.
– Misi:
1. Menjaga Kemandirian Badan Peradilan
2. Memberikan Pelayanan Hukum yang Berkeadilan
3. Meningkatkan Kualitas Kepemimpinan Badan Peradilan
4. Meningkatkan Kredibilitas dan Transparansi Badan Peradilan

Selain itu, beliau juga menjelaskan mengenai jumlah kasus yang telah diputus oleh Mahkamah Agung, yang mencapai puluhan ribu. Setiap hakim di Mahkamah Agung biasanya menangani sekitar 7 ribu perkara, dengan usia rata-rata hakim di atas 60 tahun.

Setelah pemaparan, mahasiswa berkesempatan mengunjungi Museum Mahkamah Agung. Di awal kunjungan, mereka disajikan film dokumenter yang menggambarkan perkembangan badan peradilan di Indonesia sejak zaman Landraad. Mahasiswa kemudian dipersilakan untuk melihat koleksi-koleksi di museum tersebut, yang memberikan gambaran sejarah peradilan di Indonesia.

Baca Juga :   Mahasiswa Unas Ikut Andil dalam Podcast KPU RI Edisi Spesial Pemilih Muda

Kunjungan ini menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa Fakultas Hukum UNAS, dalam memahami secara langsung peran Mahkamah Agung dalam menjaga keadilan di Indonesia. (***)

Bagikan :
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!