PLBA Fakultas Teknik dan Sains Sambut Mahasiswa Baru dengan Pengenalan Profil Fakultas dan Motivasi

Jakarta (UNAS)  –  Fakultas Teknik dan Sains (FTS) Universitas Nasional (UNAS) menggelar kegiatan Pengenalan Lingkungan Belajar Akademik (PLBA) di Ruang Seminar Blok 1, pada Sabtu, (21/9). Acara ini bertujuan untuk menyambut mahasiswa baru serta memberikan pemahaman lebih dalam mengenai fakultas, program studi, dan berbagai program pendukung seperti Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Sertifikat Kompetensi Pendamping Ijazah (SKPI), serta wawasan terkait bahaya narkoba.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FTS, Ir. Ruliyanto, S.T., M.T., Ph.D., yang memberikan sambutan hangat kepada para mahasiswa baru. Dalam sambutannya, ia menekankan bahwa menjadi mahasiswa adalah langkah awal dari fase kehidupan yang baru. “Fase ini berbeda dari masa-masa sebelumnya. Kalian sekarang masuk ke dunia akademik yang lebih mandiri, dan kami ucapkan selamat datang di Fakultas Teknik dan Sains. Selain belajar, kalian juga bisa mengikuti program MBKM untuk meningkatkan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan industri,” ungkapnya.

Selain Dekan, acara ini turut dihadiri oleh Wakil Dekan Basori, S.T., M.T., Kepala Program Studi Teknik Mesin, Fahamsyah, S.T., M.Si., M.Eng. Ph.D., Kepala Program Studi Teknik Elektro, Ir. Idris Kusuma, M.T., Kepala Program Studi Teknik Fisika, Erna Kusumawati, S.Pd.SI., M.Sc., Kepala Program Studi Fisika, Purwatiningsih, S.Si., M.Sc., Sekprodi FTS serta beberapa dosen  dan jajaran staf dari FTS.

Kegiatan ini juga diisi dengan berbagai materi penting untuk membekali mahasiswa baru, termasuk paparan mengenai kurikulum MBKM yang disampaikan oleh Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom., Kepala Badan Pengembangan Kurikulum sekaligus dosen Teknik Elektro. Selain itu, materi tentang Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) disampaikan oleh Fitria Hidayanti, S.Si., M.Si., dosen Teknik Fisika. Dan  paparan materi tentang bahaya narkoba dibawakan oleh Asmawi, S.T., M.T., dari Komisi Disiplin Unas yang juga merupakan dosen Teknik Mesin.

Baca Juga :   Kuliah Umum dan Yudisium Mahasiswa Fakultas Hukum Semester Ganjil Periode I Tahun Akademik 2019/2020

Kegiatan PLBA ini juga menjadi ajang bagi mahasiswa untuk lebih mengenal fakultas, program studi, serta himpunan mahasiswa masing-masing. Setelah sesi pemaparan oleh fakultas, mahasiswa diarahkan ke program studi masing-masing untuk mendalami visi dan misi prodi. Para mahasiswa juga diperkenalkan dengan organisasi kemahasiswaan yang dapat menjadi sarana pengembangan diri di luar kegiatan akademik.

Diharapkan dengan kegiatan PLBA ini, mahasiswa baru FTS dapat lebih memahami fakultas dan prodi yang mereka pilih serta memiliki gambaran yang jelas mengenai perencanaan studi. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk memotivasi mahasiswa agar dapat menyeimbangkan antara kegiatan akademik dan organisasi sehingga mereka bisa lulus tepat waktu dengan prestasi akademik yang baik. (*VIN)

Bagikan :
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2024/2025

Hari : Kamis 

Tanggal : 19 September 2024

Pukul : 07.00 – 17.00 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS
  4. FAKULTAS TEKNOLOGI  KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Hari : Jum’at

Tanggal : 20  September 2024

Pukul : 07.00 – 16.00 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS HUKUM
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!