Benchmarking UMMI ke UNAS: Kolaborasi untuk Tingkatkan Kinerja dan Pengembangan Perguruan Tinggi

Jakarta (UNAS) – Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) melakukan kunjungan benchmarking ke Universitas Nasional (UNAS) pada Sabtu, 21 September 2024, di Ruang Guru Besar FISIP UNAS. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kolaborasi antarperguruan tinggi dan meningkatkan mutu serta kinerja institusi pendidikan melalui pertukaran praktik terbaik.

Acara dibuka dengan sambutan dari Prima Satria, S.E., perwakilan LLDikti Wilayah 3, yang menyoroti pentingnya benchmarking bagi pengembangan perguruan tinggi. “Benchmarking memberikan kontribusi signifikan dengan mengadopsi praktik terbaik dari perguruan tinggi lain. Kami dari LLDikti berperan tidak hanya memonitor, tetapi juga memfasilitasi kegiatan seperti ini untuk kemajuan pendidikan tinggi,” ujarnya.

Dr. Dra. Erna Ermawati Chotim, M.Si., Pakar Mutu Internal UNAS, turut menyampaikan sambutan dan menekankan pentingnya memulai langkah-langkah pengembangan mutu secara realistis sesuai dengan standar yang ada. “Kolaborasi dalam kerangka yang jelas sangat penting. Di UNAS, kami memiliki acara tahunan AMI Award sebagai bentuk apresiasi terhadap pencapaian mutu internal perguruan tinggi,” jelasnya.

Saat penyerahan plakat UNAS yang diberikan oleh Kepala Badan Penjaminan Mutu UNAS, Dr. Muhani, S.E., M.Si.M., kepada Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran penting dari kedua universitas, termasuk Kepala Badan Penjaminan Mutu UNAS, Dr. Muhani, S.E., M.Si.M., serta Suhendar, M.Pd., Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Muhammadiyah Sukabumi, dan timnya. Kedua belah pihak berbagi pengalaman mengenai penerapan Siklus PPEPP (Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan) dalam Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI).

Selain memperkuat pemahaman tentang implementasi SPMI, pertemuan ini juga membuka peluang kerja sama lebih lanjut antara UNAS dan UMMI dalam bidang pengembangan dan pendampingan mutu perguruan tinggi. Benchmarking ini dinilai penting untuk meningkatkan kinerja melalui adopsi praktik terbaik, efisiensi operasional, dan inovasi. Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi kedua universitas dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan tinggi. (*VIN)

Baca Juga :   Meet & Greet dan Go Publish Unas Auditorium
Bagikan :
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2024/2025

Hari : Kamis 

Tanggal : 19 September 2024

Pukul : 07.00 – 17.00 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS
  4. FAKULTAS TEKNOLOGI  KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Hari : Jum’at

Tanggal : 20  September 2024

Pukul : 07.00 – 16.00 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS HUKUM
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!