FIKES UNAS Lepas 162 Mahasiswa Profesi untuk Terjun ke Lahan Praktik

Jakarta (UNAS) – Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Nasional (UNAS) kembali melepas mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Ners dan Profesi Pendidikan Bidan dalam acara Ucap Janji Kepaniteraan untuk periode semester ganjil tahun akademik 2024/2025. Acara ini dilaksanakan secara hybrid di Ruang Seminar Menara UNAS, Ragunan, Kamis (26/09).

Sebanyak 162 mahasiswa profesi mengikuti kegiatan ini, yang terdiri atas 32 mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Ners dan 130 mahasiswa Pendidikan Profesi Bidan. “Ini merupakan angkatan ke-11 dari Profesi Ners, yang terdiri dari mahasiswa reguler UNAS dan non-reguler UNAS,” ujar Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Ns. Naziyah, S.Kep., M.Kep.

Ia menjelaskan bahwa 32 mahasiswa tersebut telah melewati proses wawancara, tes kesehatan, serta mengikuti seluruh rangkaian pra-klinik atau pra-profesi, termasuk pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS) dan pengayaan keterampilan laboratorium selama empat hari bersama preceptor.

Sementara itu, Ketua Program Studi Profesi Bidan, Jenny Anna Siauta, S.ST., M.Keb., menjelaskan bahwa mahasiswa Profesi Bidan pada periode ini merupakan angkatan ke-3, yang terdiri atas 40 mahasiswa jalur reguler dan 90 mahasiswa jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

“Selama masa perkuliahan profesi, mahasiswa akan terjun sepenuhnya ke lahan praktik, baik di rumah sakit, puskesmas, klinik, maupun praktik mandiri bidan. Harapannya, para mahasiswa dapat lulus sebagai bidan yang unggul dalam bidang komplementer ibu dan anak, serta berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045,” kata Jenny Anna.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan FIKES UNAS, Prof. Dr. Retno Widowati, M.Si., berpesan kepada mahasiswa agar senantiasa bekerja secara profesional dan menjaga nama baik almamater di lahan praktik.

“Ambillah ilmu sebanyak-banyaknya di lapangan dan selalu jaga nama baik almamater FIKES UNAS sesuai dengan nilai-nilai FIKES, yaitu Fokus, Integritas, Kreativitas, Empati, dan Santun. Selamat belajar, dan semoga kalian lulus sebagai tenaga kesehatan yang profesional,” ujar Prof. Retno dalam sambutannya.

Baca Juga :   Simulasi Akreditasi Program Studi Akuntansi FEB UNAS

Acara ini dilanjutkan dengan pemasangan name tag, cap, dan pembacaan ucap janji yang diwakili oleh mahasiswa dari Profesi Ners dan Bidan. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua DPW PPNI DKI Jakarta, Ns. Jajang Rahmat Solihin, M.Kep., Sp.Kep.Kom., serta Ketua PD IBI DKI Jakarta, Sri Indah, SST, MM. (NIS)

Bagikan :
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2024/2025

Hari : Kamis 

Tanggal : 19 September 2024

Pukul : 07.00 – 17.00 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS
  4. FAKULTAS TEKNOLOGI  KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Hari : Jum’at

Tanggal : 20  September 2024

Pukul : 07.00 – 16.00 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS HUKUM
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!