UNAS Gelar Workshop Fotografi, Mahasiswa Berkesempatan Kunjungi Baduy

Jakarta (UNAS) – Universitas Nasional (UNAS) menggelar workshop fotografi pada Sabtu, 28 September 2024, bertempat di Exhibition Room UNAS, Pejaten. Acara ini dihadiri oleh Iskandarsyah Siregar, S.S., M.Hum., Ph.D., Ketua Pusat Studi Sosio-Budaya Nusantara (PSSN),  serta fotografer senior Gunawan Indra, yang akrab disapa Bagol, sebagai pembicara utama.

Workshop ini diikuti oleh mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi ternama seperti IPB, Gunadarma, serta sejumlah peserta dari SMK. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang teknik fotografi, khususnya dalam mendukung dokumentasi penelitian ilmiah.

Dalam materinya, Gunawan Indra menjelaskan tentang pentingnya memahami kamera dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam setiap sesi pemotretan. Ia menekankan bahwa, “Untuk bisa menghasilkan foto yang baik dan mendukung penelitian, diperlukan pendekatan yang mendalam terhadap objek yang diteliti.” Fotografi, lanjutnya, merupakan media dua dimensi yang sering digunakan untuk dokumentasi serta sebagai data visual dalam penelitian ilmiah.

Bagol juga membagikan pengalaman serta menunjukkan berbagai karya fotografinya. Beberapa di antaranya adalah hasil dokumentasi dari suku Baduy, fotografi bawah laut (underwater photography), serta foto-foto suku Dani di Papua dan Mentawai. Foto-foto tersebut merupakan bagian dari dokumentasi penelitian yang dilakukan Gunawan selama bertahun-tahun di berbagai daerah di Indonesia.

Pada sesi kedua workshop, para peserta berkesempatan melakukan praktik langsung pemotretan. Setelah sesi pemotretan, hasil foto peserta dikurasi pada hari yang sama. Iskandarsyah Siregar menjelaskan bahwa hasil foto terbaik akan mendapatkan hadiah berupa tiket gratis untuk berkunjung ke Baduy, sebagai bentuk apresiasi atas karya terbaik.

“Karya foto terbaik dari workshop ini nantinya akan dipamerkan dalam puncak acara ICMAL (International Conference On Multidimensional Applied Linguistics) , yang akan berlangsung pada bulan November 2024 mendatang,” tambah Iskandar Siregar, seraya menutup acara. Workshop fotografi ini diharapkan dapat menambah wawasan dan keterampilan para peserta, sekaligus memberikan kesempatan untuk berkarya dan bersaing di kancah fotografi ilmiah. (AAP)

Baca Juga :   Kolaborasi Internasional untuk Era Industri 5.0 : FTKI UNAS Adakan FGD Bersama UCSI Malaysia
Bagikan :
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2024/2025

Hari : Kamis 

Tanggal : 19 September 2024

Pukul : 07.00 – 17.00 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS
  4. FAKULTAS TEKNOLOGI  KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Hari : Jum’at

Tanggal : 20  September 2024

Pukul : 07.00 – 16.00 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS HUKUM
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!