Adakan Seminar Kewirausahaan, Harapkan Mahasiswa UNAS Mampu Kuasai Teknologi

Jakarta (UNAS) – UPT Wirausaha Mandiri Universitas Nasional (IWM UNAS) bekerja sama dengan Visiku, salah satu Platform Crowdfunding mengadakan Seminar Kewirausahaan dengan tema “Transformasi Bisnis di Era Digital : Cara Cerdas Jadi Entrepreneur Hebat”, Rabu, (02/10/2024), di Ruang Aula Blok 1 Lt. 4 UNAS.

Kepala UPT Wirausaha Mandiri UNAS Dr. Ir. Farida, M.M. dalam sambutannya mengungkapkan bahwa melalui kegiatan ini, mahasiswa diharapkan mampu beradaptasi mengikuti perkembangan zaman khususnya dibidang bisnis yang selalu berubah begitu cepat.

Ia melanjutkan bahwa transformasi bisnis digital bukan hanya pilihan melainkan keharusan bagi setiap pelaku usaha, baik bagi yang baru ataupun yang sudah lama terjun ke dunia usaha. Farida mengatakan, teknologi telah merubah bagaimana bisnis dijalankan, bagaimana konsumen berinteraksi dengan produk, dan bagaimana perusahaan bisa bertahan dalam persaingan yang sangat ketat.

Farida juga mengatakan bahwa untuk menjadi entrepreneur hebat diera digital, bukan hanya memerlukan ide yang cemerlang. Namun, juga harus memanfaatkan digitalisasi seperti pemanfaatan AI, digital marketing, serta platform digital sehingga bisnis dapat berjalan dengan baik.

“Oleh karena itu, pada seminar ini, kita akan diberikan secara mendalam bagaimana transformasi bisnis digital dapat menjadi katalis untuk pertumbuhan entrepreneur serta bagaimana mahasiswa calon pelaku usaha bisa lebih adaptif dan kompetitif di era yang serba cepat ini,” katanya.

“Saya berharap seminar ini bukan hanya memberikan wawasan baru tetapi juga menginspirasi para mahasiswa untuk terus berinovasi belajar dan bertransformasi menjadi entrepreneur yang lebih tangguh cerdas dan siap menghadapi masa depan yang penuh tantangan,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor UNAS Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M. mengatakan bahwa transformasi digital telah membawa banyak perubahan bukan saja disisi bisnis tetapi juga di dunia pendidikan.

Baca Juga :   Bahas Omnibus Law Dalam Sistem Ketatanegaraan Indonesia, FH UNAS Undang Ketua Mahkamah Konstitusi RI Tahun 2003-2008

Ia menambahkan, teknologi digitalisasi dapat menjadi strategi bisnis yang bisa menciptakan peluang bisnis, sekaligus juga memenangkan persaingan dalam usaha bisnisnya. “Dengan kondisi seperti ini, mahasiswa dituntut untuk bisa menambah kompetensi di bidang itu (digitalisasi) agar anda bisa mengikuti perkembangan ke depan,” ujar Prof.Suryono.

Wakil Rektor UNAS itu juga mengungkapkan bahwa UNAS berkomitmen untuk membekali mahasiswa agar memiliki potensi menjadi wirausahawan melalui kegiatan-kegiatan kewirausahaan yang rutin dilaksanakan kampus. “Kita dorong dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan pasca menempuh mata kuliah kewirausahaan di kelas, sehingga bukan hanya menambah kompetensi dalam sisi akademik, namun juga menambah pengalaman dalam berwirausaha,” pungkasnya.

Aris Kurniawan selaku Manajemen Visiku menyatakan bahwa tema yang diusung sangat relevan dengan perkembangan zaman saat ini. Menurutnya, hadirnya transformasi bisnis diera digital, membuka peluang besar untuk mahasiswa mudah mencari lowongan pekerjaan.

Ia menambahkan, berkembangnya era digital saat ini, juga diikuti dengan adanya tantangan didalamnya. Sehingga mahasiswa perlu memperkuat kemampuan digitalnya. “Jadi teman-teman mahasiswa perlu menguasai teknologi, seperti mengerti mengenai digital marketing, bisa membuat konten, ataupun juga bisa membuat press rilis,” katanya. (*DMS)

Bagikan :
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2024/2025

Hari : Kamis 

Tanggal : 19 September 2024

Pukul : 07.00 – 17.00 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS
  4. FAKULTAS TEKNOLOGI  KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Hari : Jum’at

Tanggal : 20  September 2024

Pukul : 07.00 – 16.00 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS HUKUM
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!