Fun Walk Ika Fabiona : Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

Jakarta (UNAS) – Ikatan Alumni Fakultas Biologi Universitas Nasional (IKA Fabiona) mengadakan Fun Walk sekaligus melakukan aksi peduli lingkungan di Kawasan Kota Tua, Jakarta pada Minggu, 13 Oktober 2024.
Acara ini turut dihadiri oleh Dekan Fakultas Biologi Pertanian Universitas Nasional (FBP UNAS), Dr. Fachruddin M. Mangunjaya, M.Si., Ketua IKA FABIONA, Prof. Dr. Dedi Darnaedi, M.Sc., dan Walikota Jakarta Timur, M. Anwar, S.Si., M.Ap. Fun Walk ini merupakan bagian dari rangkaian acara Reuni Akbar IKA FABIONA dan Dies Natalis ke 75 Universitas Nasional, yang dirancang untuk memadukan olahraga, edukasi, dan kepedulian lingkungan dalam suasana kebersamaan.
 
“Tujuan kegiatan ini adalah untuk menyatukan semangat kebersamaan, membangun kepedulian terhadap lingkungan dan memajukan pendidikan, termasuk Program Studi S1 Biologi dan Program Studi S2 Biologi di FBP UNAS yang berbasis keanekaragaman hayati pada pengembangan riset di bidang biologi konservasi, bioteknologi, serta kajian lingkungan hidup,” ujar Ketua IKA FABIONA, Prof. Dr. Dedi Darnaedi, M.Sc.
 
Kegiatan ini dimulai pada pukul 06.30 WIB dengan sesi senam bersama, di mana para peserta terdiri dari alumni, dosen, mahasiswa, hingga masyarakat umum. Setelah sesi senam, peserta diajak untuk berpartisipasi dalam aksi nyata peduli lingkungan dengan melakukan pengambilan sampah di sekitar lokasi acara. “Aksi bersih-bersih ini tidak hanya bertujuan memperindah lingkungan Kota Tua, tetapi juga menjadi momen edukasi bagi peserta,” kata Prof. Dedy.
 
Ia menambahkan bahwa sepanjang kegiatan, peserta juga diberikan informasi tentang dampak mikroplastik terhadap kehidupan, termasuk efek negatifnya bagi kesehatan manusia, kehidupan laut, dan ekosistem. “Edukasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran lingkungan dan memotivasi perilaku ramah lingkungan yang berkelanjutan,” tambahnya.  Sebagai bagian dari komitmen untuk menjaga bumi, para peserta juga menandatangani spanduk bertuliskan dukungan untuk lingkungan bersih dan sehat. “Ini merupakan simbol solidaritas seluruh peserta terhadap upaya pengurangan sampah dan jejak karbon,” katanya.
 
Sebelum meninggalkan acara, setiap peserta mendapatkan tanaman hias “carbon cleansing”, yang mampu menyerap karbon dioksida dan mengurangi dampak perubahan iklim, sebagai hadiah simbolis untuk mengingatkan peserta agar terus berkontribusi menjaga kelestarian lingkungan. Acara ini tidak hanya memberikan manfaat fisik dan edukasi, tetapi juga mempererat hubungan antar alumni dan peserta lainnya. Fun Walk ini berhasil menciptakan suasana kebersamaan dan gotong royong, sambil memberikan dampak positif bagi lingkungan Kota Tua. Fun Walk ini ditutup dengan doa bersama dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama. (*DMS)
Bagikan :
Baca Juga :   SEMINAR KESEHATAN NASIONAL
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2024/2025

Hari : Kamis 

Tanggal : 19 September 2024

Pukul : 07.00 – 17.00 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS
  4. FAKULTAS TEKNOLOGI  KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Hari : Jum’at

Tanggal : 20  September 2024

Pukul : 07.00 – 16.00 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS HUKUM
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!