Mahasiswa Sastra Indonesia UNAS Raih Juara 2 dalam Lomba Pidato Badan Bahasa Kemendikbudristek

Jakarta (UNAS) – Mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia Universitas Nasional (UNAS), Certika Novianty Lubis, meraih juara 2 Lomba Pidato Krida Duta Bahasa yang dihelat oleh Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbudristek.

Prestasi tersebut berhasil Ia torehkan usai membawakan sebuah pidato yang berjudul ‘Bahasa Indonesia, Bahasa Kita, Bahasa Dunia’, pada babak final lomba di Kantor Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (22/10).

“Pidato ini membahas mengenai potensi bahasa Indonesia agar bisa menjadi bahasa internasional seperti bahasa Inggris, dengan harapan dapat meningkatkan literasi, revitalisasi bahasa daerah, dan internasionalisasi bahasa Indonesia,” ujarnya dalam sesi wawancara dengan Humas UNAS melalui pesan whatsapp, Rabu (23/10).

Certika menuturkan, lomba pidato ini merupakan sebuah wadah baginya untuk mengasah kemampuan berbahasa Indonesia secara formal, serta kemampuan berbicara di depan umum.

“Hal ini selaras dengan studi yang sedang saya tempuh, yaitu di Prodi Sastra Indonesia. Saya juga merasa terdorong untuk membawa nama baik universitas dan menyuarakan aspirasi terkait bahasa Indonesia terkini,” ucap perempuan yang hobi fotografi ini.

Disinggung mengenai proses seleksi, Certika menjelaskan bahwa lomba ini melalui beberapa aspek penilaian yakni kesesuaian tema, judul, isi, penggunaan bahasa, ketepatan pemilihan kata, vokal, artikulasi, intonasi, penyampaian pidato, gestur, penampilan, dan mimik wajah.

“Saat proses latihan, saya fokus untuk memahami isi pidato, sehingga dapat menguasai materi dengan lancar tanpa bergantung pada teks. Saya juga belajar mengendalikan emosi dan rasa percaya diri agar pesan dapat tersampaikan dengan baik,” ungkapnya.

Di sisi lain, Certika juga mengaku bahwa Ia sempat mengalami rasa gugup saat berbicara di depan umum. “Hal ini biasanya saya atasi dengan mengatur pernapasan dan menggerakkan anggota tubuh agar terlihat tidak pasif,” tambahnya.  

Baca Juga :   Targetkan Go Internasional, BPK Adakan Coaching Dokumen Kurikulum kepada Prodi Magister dan Doktoral FEB

Lebih lanjut, usai meraih juara ini, Certika akan terus meningkatkan keterampilannya dalam berpidato, serta akan mengikuti beberapa kompetisi lainnya. “Walaupun sudah menang, berlatih dan belajar untuk mengasah teknik berbicara masih harus lebih digiatkan. Kedepannya, saya akan mengikuti kompetisi lainnya di tingkat yang lebih tinggi, serta berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan orang lain,” pungkasnya.

Usai ditetapkan sebagai juara, Certika mendapatkan uang pembinaan, piagam, dan sertifikat lomba tingkat provinsi. Hadiah ini akan diserahkan pada puncak acara Apresiasi Krida pada pertengahan November 2024 di Hotel Sultan, Jakarta.

Sebelumnya, Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) UNAS telah mengirimkan 34 mahasiswa untuk mengikuti lomba pidato Program Krida Duta Bahasa Ini. Sebanyak 11 mahasiswa lolos di tahap 20 besar, dan Certika berhasil meraih juara 2 usai bersaing di babak final.  (NIS)

Bagikan :
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2024/2025

Hari : Kamis 

Tanggal : 19 September 2024

Pukul : 07.00 – 17.00 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS
  4. FAKULTAS TEKNOLOGI  KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Hari : Jum’at

Tanggal : 20  September 2024

Pukul : 07.00 – 16.00 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS HUKUM
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!