Persiapkan Penyusunan Tesis dan Disertasi, Fakultas Hukum UNAS Undang Profesor Adakan Kuliah Umum

Jakarta (UNAS) – Fakultas Hukum Universitas Nasional (UNAS) mengadakan kuliah umum guna mempersiapkan mahasiswa magister dan doktoral dalam penyusunan Tesis dan Disertasi. Kegiatan ini mengundang Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Irwansyah, SH., M.H., sebagai pembicara, di Ruang Seminar Menara UNAS, Ragunan, Jumat (25/10).

Dalam presentasinya, Prof. Irwansyah menjelaskan mengenai kedudukan teori dalam riset, research gap, dan desain novelti. “Sebelum menyusun penelitian, para mahasiswa perlu mengetahui perbedaan pengembangan teori dalam menyusun skripsi, tesis, dan disertasi,” ucapnya.

Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Irwansyah, SH., M.H., saat memberikan materinya kuliah umum.

Ia menuturkan, teori memiliki kedudukan yang berbeda dalam setiap penelitian di jenjang pendidikan. “Jika dalam Skripsi teori berfungsi sebagai pelengkap kaidah atau norma, dalam Tesis, peneliti harus menguji teori, sementara dalam Disertasi, peneliti harus mengembangkan konsep teori,” jelasnya. Asesor Jurnal Kemenristek-Dikbud ini menambahkan, Tesis memiliki beberapa karakteristik yakni menguji teori, mengatasi sebab masalah, bersifat inter disiplin, adanya kajian teoretis keilmuan, serta yang argumentasi berdasarkan analisis dan evaluasi.

Sementara itu, Disertasi memiliki karakteristik dengan menguji konsep, mengatasi akar masalah, berisfat multi disiplin, adanya kajian filosofi keilmuan, dan tetap konsisten pada preskriptif. “Tesis dan Disertasi pada mahasiswa hukum juga berfokus pada law reform, politik hukum, perbandungan hukum, dan Ius Constituendum,” tuturnya. Prof. Irwansyah melanjutkan, penelitian tesis dan disertasi juga memiliki tantangan yakni dominan pada penelitian hukum positif, serta kurang memperdalam konsep-konsep hukum atau pengembangan teori-teori hukum.

“Selain itu, juga rendahnya penguasaan metode penelitian, penerapan metode terbatas, argumentasi yang kurang tajam, serta literatur review yang belum maksimal,” pungkasnya. Dalam kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Hukum UNAS, Prof. Dr. Basuki Rekso Wibowo, S.H., M.S., mengatakan bahwa kuliah umum ini merupakan kegiatan awal dalam mempersiapkan mahasiswa magister dan doktoral untuk menyusun tugas akhirnya.

Baca Juga :   Adakan Pelepasan Wisudawan dan Wisudawati, FTS Bekali Lulusan Hadapi Tantangan Era Disruptive Technology

“Melalui kuliah umum ini, mahasiswa juga dibagikan pengetahuan dan teknik merencanakan riset, bagaimana memilih riset sesuai dengan teori, dan bagaimana melakukan kegiatan-kegiatan di lapangan, serta mengemasnya dalam bentuk tesis dan disertasi,” imbuhnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini,  Wakil Dekan Fakultas Hukum UNAS, Dr. Mustakim, S.H., M.H., Ketua Program Studi Ilmu Hukum, Masidin, S.H., M.H., Ketua Program Studi Magister Hukum, Dr. Drs. Tb Mochamad Ali Asgar, S.H., M.H., M.Si., M.M., Sekretaris Program Studi Doktoral Hukum, Dr. Ummu Salamah, S.Ag., S.H., M.A., dan para dosen. (NIS)

Bagikan :
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2024/2025

Hari : Kamis 

Tanggal : 19 September 2024

Pukul : 07.00 – 17.00 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS
  4. FAKULTAS TEKNOLOGI  KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Hari : Jum’at

Tanggal : 20  September 2024

Pukul : 07.00 – 16.00 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS HUKUM
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!