Angkat Isu Global dalam Konferensi Internasional, UNAS Serukan Perubahan kepada Dunia

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Dies Natalis ke 75 Tahun Universitas Nasional. ICGI 2024 mengikutsertakan beberapa akademisi dari 7 negara yakni Inggris, Turki, Malaysia, Indonesia, Thailand, Ukraina, dan India yang memberikan perspektif baru mengenai geopolitik, keamanan, ekonomi, energi, lingkungan, dan teknologi informasi.

Jakarta (UNAS) – Universitas Nasional (UNAS) menggelar konferensi internasional dengan mengangkat isu-isu global dalam sebuah kegiatan bertajuk ‘The 1st International Conference on Global Issues (ICGI) 2024, Future for Asia: Preparing for Global Leadership’, secara hybrid, di Auditorium Cyber UNAS, Selasa (01/10).

Ketua ICGI Robi Nurhadi, Ph.D., mengatakan, kegiatan ini merupakan sebuah ikhtiar kecil dari UNAS untuk merespon masalah besar di dunia saat ini. “Hari ini kita telah melihat banyak kegagalan di dunia. Sistem politik dunia sudah sekarat. Berbagai konflik, perang dan pembunuhan masal atas nama kepentingan nasional sebuah negara terus terjadi. Kita perlu lakukan perubahan!,” ucapnya.

Tak hanya itu, lanjut Robi, saat ini juga tengah maraknya isu pengangguran, kelaparan, melemahnya daya beli, dan ketinggalan di berbagai belahan dunia. Persoalan ini tidak akan selesai dengan pendekatan adu kekuatan AS-Sekutunya versus BRICS. Dunia perlu merumuskan kembali model ekonomi.

Di sisi lain, Robi juga melihat menguatnya non state actors dari berbagai kelompok. Menurutnya, mereka bisa menjadi kekuatan untuk menjaga keseimbangan demokrasi dan kesejahteraan, atau bisa juga jadi kekuatan yang mengakselerasi kehancuran dari adanya berbagai kegagalan sistem di dunia.

“Mereka memiliki keahlian, teknologi, sumberdaya lainnya dan kebebasan. Jawaban dari dua pilihan aksi mereka akan dipengaruhi oleh keteladanan para pemimpin dunia. Kami melihat para pemimpin dunia sedang tidak baik-baik saja. Jadi dunia perlu perubahan!,” tegasnya.

Baca Juga :   Kuliah Umum Program Studi Biologi UNAS

Dosen Program Studi Hubungan Internasional UNAS itu menambahkan, dengan adanya isu tersebut, ICGI diharapkan dapat menjadi wadah diskusi yang membantu memutus rangkai masalah tersebut. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Dies Natalis ke 75 tahun UNAS dan mengikutsertakan beberapa akademisi dari 7 negara yakni Inggris, Turki, Malaysia, Indonesia, Thailand, Ukraina, dan India. Mereka memberikan perspektif baru mengenai geopolitik, keamanan, ekonomi, energi, lingkungan, dan teknologi informasi.

Salah satu pembicara, CEO PT Bhumi Varta Technology Martyn Terpilowski hadir menjelaskan mengenai strategi investasi di pasar Indonesia. Ia menuturkan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara dan konsisten menunjukkan pertumbuhan yang kuat, dengan presentase tahunan rata-rata sekitar 5%. “Ekonomi digital Indonesia juga berkembang pesat, diproyeksikan mencapai lebih dari USD 130 miliar pada tahun 2025, terutama didorong oleh e-commerce, fintech, dan layanan digital,” tuturnya.

Tak hanya itu, tambah Martyn, Indonesia juga telah menujukkan pertumbuhan Foreign Direct Investment (FDI) atau investasi asing yang mengesankan selama 5 tahun tahun terakhir. “Meskipun demikian, sektor teknologi masih tertinggal dari negara-negara ASEAN lainnya dalam menarik investasi. Potensi investasi jangka panjang didorong oleh inovasi dan inisiatif dari pemerintah,” katanya.

Kegiatan ini dibagi menjadi tiga sesi panel yang dipandu oleh moderator, serta presentasi ilmiah yang dibagi ke dalam 2 breakout room secara online. Adapun para pembicara lainnya dalam konferensi ini ialah Profesor di Sekolah Keamanan Nasional Studi Internasional Universiti Kebangsaan Malaysia, Mohd. Kamarulnizam, Duta Besar RI untuk Ukraina, Georgia dan Armenia periode 2017-202, Yuddy Chrisnandi, S.E., M.E., Mantan Anggota Parlemen Malaysia Dato Dr. Nasharuddin Mat Isa, Dosen Ilmu Sosial Universitas Ankara Tufan Kutay Boran, Mantan Ilmuan Senior, BARC, Mumbai dan Mantan Profesor Universitas Sains dan Teknology Mody, N.K. Joshi, Wakil Dekan, Sekolah Studi Global, Universitas Thammasat, Thailand, Dr. Shekh Altafur Rahman, dan Vice Dean PERKASA Institute Malaysia, Noor Hamdan. (MPR)

Baca Juga :   Targetkan Akreditasi “A” Untuk Prodi Hukum, BPM Gelar Simulasi Asesmen Lapangan
Bagikan :
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2024/2025

Hari : Kamis 

Tanggal : 19 September 2024

Pukul : 07.00 – 17.00 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS
  4. FAKULTAS TEKNOLOGI  KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Hari : Jum’at

Tanggal : 20  September 2024

Pukul : 07.00 – 16.00 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS HUKUM
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!