Biology Talkshow : Peran Biologi Sebagai Pondasi Untuk Keberlanjutan

Jakarta (UNAS) – Fakultas Biologi dan Pertanian Program studi sarjana dan magister Biologi bersama dengan IKA Fabiona menyelenggarakan Biology Talkshow pada Kamis, 10 Oktober 2024, di Ruang Aula Blok 1 Lt. 4 UNAS.

Kegiatan yang masih dalam rangkaian Reuni Akbar IKA FABIONA dan Dies Natalis ke 75 Universitas Nasional ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang peran vital biologi dalam mendukung kehidupan berkelanjutan, menginspirasi tindakan nyata, memfasilitasi diskusi, dan menghubungkan ilmu dengan praktik dalam berbagai bidang seperti konservasi, pertanian dan wisata.

Dekan Fakultas Biologi dan Pertanian Dr. Fachruddin M. Mangunjaya, M.Si. mengatakan bahwa sumber daya alam perlu dimanfaatkan dan dikelola untuk keberlanjutan. Oleh karenanya, Fachruddin berharap lingkungan atau alam yang ada jangan sampai dirusak. Ia mengungkapkan bahwa dunia saat ini tengah menghadapi tantangan Global Climate Change, di mana banyak Negara-negara di dunia menggaungkan pembangunan berkelanjutan yang memanfaatkan sumber daya alam secara maksimal, tanpa mengorbankan lingkungan dan kesehatan generasi mendatang.

Fachruddin pun berharap melalui talkshow ini, mahasiswa maupun siswa mendapatkan pengetahuan yang lebih dalam mengenai biologi untuk mendukung kehidupan berkelanjutan. Ketua IKA FABIONA, Prof. Dr. Dedi Darnaedi, M.Sc. dalam sambutannya mengatakan bahwa salah satu solusi dalam mengatasi Global Climate Change adalah dengan memahami dan mempelajari ilmu biologi seutuhnya.

Ia mengatakan bahwa sumber daya seperti minyak mentah, gas alam, batu bara, emas, nikel akan habis, namun sumber daya terbarukan seperti matahari, angin, panas bumi, air, hutan, perikanan, peternakan tidak akan habis karena dapat diperbarui dan diisi ulang secara alami, sehingga persediaannya tidak akan habis.

Dalam era modern ini, kata Prof. Dedy, tantangan lingkungan seperti perubahan iklim, hilangnya keanekaragaman hayati, dan pencemaran semakin mendesak, menuntut solusi inovatif dan berkelanjutan. “Oleh karena itu, Ilmu biologi berperan penting dalam menciptakan solusi tersebut dengan memberikan pemahaman mendalam tentang ekosistem dan hubungan antara manusia dan alam,” katanya.

Baca Juga :   YUK KUNJUNGI UNAS DI ISTORA SENAYAN-JAKARTA (STAND NO. 8) TANGGAL 14-16 NOVEMBER 2022

Pada talkshow ini, turut menghadirkan pembicara yang juga alumni IKA Fabiona dari beberapa angkatan untuk memberikan materi. Alumni tersebut datang dari beberapa profesi seperti aktivis lingkungan, pengelola lingkungan berbasis masyarakat, akademisi, peneliti serta dari pihak swasta dan pelaku UMKM.

Mereka adalah Benvika, S.Si. alumni biologi angkatan 1992, Ahmad Baihaqi, M.Si. alumni biologi angkatan 2011, Drs. Edi Hendras alumni biologi angkatan 1980, Novianto, M.Si. alumni biologi angkatan 1986, Dr. Sugeng Putranto, M.Si. alumni biologi angkatan 1987, Drs. Sisworo Radhono Priarso M.Si. alumni biologi angkatan 1981 dan Johana Ida Hardiana, S.Si. alumni biologi angkatan 1984. Acara ini juga turut dihadiri oleh mahasiswa serta siswa dari beberapa sekolah. (*DMS)

Bagikan :
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2024/2025

Hari : Kamis 

Tanggal : 19 September 2024

Pukul : 07.00 – 17.00 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS
  4. FAKULTAS TEKNOLOGI  KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Hari : Jum’at

Tanggal : 20  September 2024

Pukul : 07.00 – 16.00 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS HUKUM
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!