Jakarta (UNAS) – Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Nasional mengadakan kegiatan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) tingkat Penjaminan Mutu Badan/Biro, UPT dan Fakultas dalam upaya untuk pengendalian mutu di Universitas Nasional. Kegiatan yang dihadiri oleh kepala UPM dan Staff UPM Badan/ Biro, UPT dan Fakultas dilaksanakan di Ruang Seminar Menara UNAS, Ragunan.
Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) merupakan proses tahapan tahapan evaluasi tahunan melalui pemaparan hasil evaluasi terhadap efektifitas pelaksanaan sistem manajemen mutu. Selain sebagai bentuk komitmen manajemen untuk memastikan sistem mutu berjalan secara efektif, Kepala Badan Penjaminan Mutu Dr. Muhani, S.E., M.Si.M menyampaikan kegiatan RTM tingkat Penjaminan Mutu adalah upaya untuk menurunkan siklus RTM ke unit kerja masing-masing.
“Ini merupakan upaya yang bagus Dimana apa yang sudah dilaksanakan bisa kita turunkan ke unit kerja masing-masing dengan rencana kerja yang akan dikerjakan dalam satu tahun kedepan,” ujarnya dalam sambutan.
Dalam Rapat diisi dengan pembahasan secara berkala berkaitan dengan penerapan sistem mutu dan juga masalah lain yang berkaitan dengan penjaminan mutu di lingkungan Universitas Nasional.
Adapun materi Rapat Tinjauan Manajemen terdiri dari beberapa point yaitu ; Hasil Ami atau Temuan Audit, Umpan Balik Pelanggan berupa survei kepuasan pelanggan, Kinerja Proses dan Kesesuaian Produk, Status Tindakan Pencegahan dan Perbaikan, Tindak lanjut dari Rapat Tinjauan Manajemen sebelumnya, Perubahan yang dapat mempengaruhi sistem Penjaminan Mutu, dan Rekomendasi dan Peningkatan.
Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa (21/05) turut diisi oleh Kepala Bidang Sistem Informasi Penjaminan Mutu Asyiq Nur Muhammad, S.Kom dan Kepala Bidang Implementasi SPME Mia Handini S. T., MMSI, Kepala Bidang Peningkatan dan Penetapan Mutu Ns. Milla Evelianti Saputri, S.Kep., M.KM, dan Kepada Bidang Evaluasi dan Pengendalian Mutu Kiki Buhori, S.Kom.
Sebagai penutup, Muhani menyampaikan hasil rapat dan rencana kerja dalam satu tahun kedepan. “Resume dari rapat adalah laporan monev dan sinkronisasi Simonas, AMI dari aplikasi, Percepatan Akreditasi nasional dan persiapan dokumen akreditasi Internasional, update konten dan berita di Website, Perbaikan data Simonas dan Pelayanan”, tutupnya. (TIN)