BPM Arahkan Dosen Optimalkan Pembelajaran Daring Sesuai Ketentuan Dikti

Jakarta (Unas) – Guna mengoptimalkan pembelajaran daring di Universitas Nasional (Unas), Badan Penjaminan Mutu (BPM) arahkan para dosen untuk melengkapi sistem pembelajaran daring di web kuliah Unas.

Kepala Bidang Evaluasi Capaian dan Pengembangan Standar Mutu BPM Unas, Muhani, S.E., M.Si.M mengatakan, hal ini sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Direktorat Jendeal Pendidikan Dikti (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia.

“Sejak bergabung di Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Indonesia, kami tengah melengkapi dan mengoptimalkan sistem pembelajaran daring Unas di web kuliah sesuai dengan arahan dari Dikti. Hal ini bertujuan untuk menciptakan pembelajaran daring yang efektif antara dosen dan mahasiswa,” ujarnya, di Ruang Theater Unas, Kamis (29/04).

Ia melanjutkan, sebelumnya Unas telah mendapatkan masukan dan perbaikan dari Dikti mengenai pembelajaran daring. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini BPM Unas melakukan pembahasan checklist pembelajaran daring sesuai arahan dari Dikti.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis itu melanjutkan, adapun hal yang menjadi pembahasan dan perlu ditambahkan oleh dosen dalam web kuliah ialah peta kompetensi, deskripsi pada saat meng-upload tugas di web kuliah, dan membuat akun SPADA.

Sementara itu, Kepala BPM Unas, Dr. Erna Ermawati Chotim, M.Si. juga mengatakan, sebelumnya, telah dilakukan diskusi antara BPM Unas dengan pihak Dikti. Menurut Erna, Dikti pun telah menilai bahwa format perkuliahan daring yang dilakukan oleh Unas sudah bagus dan melampaui dari perguruan tinggi lainnya yang sudah melaksanakan pembelajaran daring.  

“Maka dari itu, langkah kita selanjutnya ialah memastikan bahwa SPADA ini betul-betul berkembang di masing-masing fakultas. Kedepannya akan dilakukan pelatihan-pelatihan terkait penyelarasan pembelajaran daring ini, serta monitoring dan evaluasi yang rutin,” jelasnya.

Baca Juga :   Materi “Inovasi dan Critical Thinking” Tutup Character Building
Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Unas, Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M mengatakan, upaya mengoptimalkan pembelajaran daring ini merupakan sebuah langkah untuk memenuhi klasterisasi Unas.

“Ini merupakan upaya dari Unas yang akan terlibat dalam klasterisasi pada bulan Agustus mendatang. Salah satu komponen yang dinilai ialah web kuliah kita. Oleh sebab itu, kita harus melengkapi apa yang masih menjadi kekurangan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran daring yang sesuai dengan standar Dikti,” tuturnya. (NIS)

Bagikan :

Info Mahasiswa

Related Post

Fakultas Biologi Lakukan Seminar Peringati Hari Hewan Sedunia
Persiapkan Reakreditasi LAMSAMA, BPM Lakukan Simulasi Internal Kepada Magister Biologi
15 Maba Lolos Jalur Bidikmisi UNAS
The 2nd International Conference on Health Sciences
40 Dosen Unas Ikuti Pelatihan Pemanfaatan Chat Gpt dalam Penelitian
Perguruan Tinggi Perlu Kawal Good Governance

Kategori Artikel

Berita Terbaru
Agenda

Scholarship Day

✨️Undangan Scholarship Day untuk Penerima Beasiswa✨️ (KIP-KULIAH, KJMU, BIDIKMANIS, BANK SHINHAN, DJARUM, BEASISWA UNGGULAN, dan BAZNAS) Assalamualaikum wr.wb. Halo teman-teman

Read More »
Berita

Prodi HI dan AIHII Gelar Seminar Nasional: “BRICS dan Indonesia: Peluang, Tantangan, dan Strategi Kolaborasi Global” Jakarta (UNAS) – Program

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2024/2025

Hari : Kamis 

Tanggal : 19 September 2024

Pukul : 07.00 – 17.00 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS
  4. FAKULTAS TEKNOLOGI  KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Hari : Jum’at

Tanggal : 20  September 2024

Pukul : 07.00 – 16.00 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS HUKUM
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!