BPM Bersama BPK Lakukan Pembuatan Dokumen Kurikulum untuk Akreditasi Internasional

Jakarta (UNAS) – Badan Penjaminan Mutu (BPM) bekerja sama dengan Badan Pengembangan Kurikulum (BPK) melakukan kegiatan pembuatan dokumen kurikulum yang akan digunakan untuk Akreditasi Internasional. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu (03/08) di Ruang Seminar Menara UNAS lt. 6, dan merupakan tindak lanjut dari rapat yang diadakan pada Kamis (01/08) di Ruang Exhibition UNAS.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni, Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., menyatakan bahwa ini merupakan kesempatan besar bagi UNAS untuk mengajukan Akreditasi Internasional dan suatu kehormatan karena setidaknya lima program studi akan diajukan. “Ini menjadi satu kehormatan karena kita akan dipandu oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Ini adalah kesempatan yang baik yang perlu kita sambut dan lakukan dengan sungguh-sungguh,” katanya.

Prof. Suryono menambahkan, berdasarkan arahan dari ITS, persiapan pengajuan Akreditasi Internasional harus mencakup pengunggahan dokumen kurikulum yang berisikan capaian pembelajaran. “Supaya presentasi risiko kita rendah, kita perlu menyiapkan dokumen yang dibutuhkan dengan baik. Pengajuan ini juga akan didampingi oleh DIKTI,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Penjaminan Mutu, Dr. Muhani, S.E., M.Si., M., menyampaikan bahwa tahun ini pengajuan Akreditasi Internasional difasilitasi oleh ITS dengan fokus pada dua dokumen utama, yaitu Kurikulum dan Evaluasi Diri. “Dua dokumen ini akan menjadi target luaran sesuai dengan template yang diberikan oleh ITS,” ujar Muhani.

Adapun lima program studi yang akan diajukan dalam Akreditasi Internasional adalah Ilmu Komunikasi, Administrasi Publik, Sosiologi, Manajemen, dan Biologi.

Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan Kurikulum, Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom., menjelaskan terkait pembuatan dokumen kurikulum. “Hal yang paling utama dalam pembuatan dokumen kurikulum adalah capaian. Capaian ini berisikan kemampuan dalam mendesain dan mengembangkan kurikulum pendidikan tinggi sesuai dengan KKNI, SN-DIKTI dengan pendekatan paradigma OBE,” pungkasnya.

Baca Juga :   Peduli Terhadap Konservasi Keanekaragaman, UNAS Gelar Conservation Talk

Pembuatan dokumen kurikulum untuk Akreditasi Internasional mencakup beberapa tahapan, yaitu penetapan tujuan program studi dan visi misi keilmuan program studi, penetapan profil lulusan dan perumusan CPL, penetapan bahan kajian dan pembentukan mata kuliah, serta penyusunan matriks organisasi mata kuliah dan peta kurikulum.(TIN)

Bagikan :
Berita Terbaru
Kegiatan

Seminar Kewirausahaan Management Festival 2024

[𝐇𝐢𝐦𝐩𝐮𝐧𝐚𝐧 𝐌𝐚𝐡𝐚𝐬𝐢𝐬𝐰𝐚 𝐌𝐚𝐧𝐚𝐣𝐞𝐦𝐞𝐧 𝐔𝐧𝐢𝐯𝐞𝐫𝐬𝐢𝐭𝐚𝐬 𝐍𝐚𝐬𝐢𝐨𝐧𝐚𝐥 𝐏𝐫𝐨𝐮𝐝𝐥𝐲 𝐏𝐫𝐞𝐬𝐞𝐧𝐭] 🎪 𝗦𝗲𝗺𝗶𝗻𝗮𝗿 𝗞𝗲𝘄𝗶𝗿𝗮𝘂𝘀𝗮𝗵𝗮𝗮𝗻 𝗠𝗮𝗻𝗮𝗴𝗲𝗺𝗲𝗻𝘁 𝗙𝗲𝘀𝘁𝗶𝘃𝗮𝗹 𝟮𝟬𝟮𝟰🎪 🚨 𝙀𝙓𝙏𝙀𝙉𝘿𝙀𝘿🚨 𝐓𝐞𝐦𝐚 𝐒𝐞𝐦𝐢𝐧𝐚𝐫 : “𝑪𝒓𝒆𝒂𝒕𝒆 𝒂

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!