ESET Gelar Campus Security Day di UNAS, Tekankan Pentingnya Menjaga Data dan Deteksi Berbasis AI

Jakarta (UNAS) – Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informasi (FTKI) Universitas Nasional (UNAS) bekerja sama dengan ESET Indonesia mengadakan acara Campus Security Day dengan tema “Jaga Data dengan Deteksi ESET Berbasis AI” pada Kamis, 3 Oktober 2024, di Aula Blok 1 Lt. 4 UNAS. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keamanan data, khususnya terkait dengan ancaman kebocoran data yang semakin marak terjadi di era digital.

Dekan FTKI, Dr. Agung Triayudi, S.Kom., M.Kom., dalam sambutannya menekankan pentingnya menjaga data di kehidupan sehari-hari. “Keamanan data adalah salah satu kebutuhan utama di era digital ini. Dengan perkembangan teknologi dan maraknya serangan siber, seluruh civitas akademika Universitas Nasional diharapkan dapat memahami pentingnya menjaga data pribadi dan mengamankan informasi digital mereka dengan baik,” ujarnya.

Pesan untuk menjaga data juga ditegaskan oleh narasumber utama, Adi Saputra, VP Product & Support dari PT Prosperita Mitra Indonesia (ESET Indonesia). Dalam pemaparannya, Adi menjelaskan bahwa kebutuhan akan keamanan data semakin vital dalam kehidupan sehari-hari, terutama ketika masyarakat semakin bergantung pada perangkat digital. Ia memperkenalkan teknologi Advanced Machine Learning milik ESET, yang mampu mendeteksi ancaman siber yang belum teridentifikasi sebelumnya, memberikan perlindungan yang lebih efektif dan responsif.

“Di era sekarang, kebutuhan akan data tidak bisa dipisahkan dari aktivitas harian kita. Oleh karena itu, menjaga data dari ancaman kebocoran dan serangan siber menjadi sangat penting. Teknologi ESET yang berbasis kecerdasan buatan (AI) mampu memberikan deteksi dini dan mencegah serangan yang dapat mengancam data pribadi kita,” jelas Adi Saputra.

Menurut laporan dari AwanPintar.id, sebanyak 2 miliar serangan siber telah terdeteksi di Indonesia selama semester pertama tahun 2024. Fakta ini menunjukkan bahwa ancaman siber tidak hanya terjadi pada skala besar, tetapi juga mengancam data pribadi pengguna perangkat digital sehari-hari, seperti laptop dan smartphone yang terhubung dengan internet.

Baca Juga :   Seminar Pasar Modal

Acara ini juga dihadiri oleh Dr. Andrianingsih, S.Kom., M.M.S.I., Ketua Program Studi Sistem Informasi, Ratih Titi Komala Sari, M.M., M.M.S.I., Ketua Program Studi Informatika, para dosen, serta mahasiswa FTKI UNAS. Melalui kegiatan ini, peserta diharapkan dapat memahami langkah-langkah preventif dalam menjaga keamanan data, terutama dalam menghadapi ancaman siber.

Dengan diadakannya Campus Security Day, kesadaran akan ancaman siber dan kebutuhan untuk menjaga data dalam kehidupan sehari-hari diharapkan semakin meningkat. Teknologi ESET berbasis AI diharapkan menjadi solusi utama dalam mendeteksi dan mencegah kebocoran data di era digital yang semakin rentan terhadap serangan siber. (VIN)

Bagikan :
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2024/2025

Hari : Kamis 

Tanggal : 19 September 2024

Pukul : 07.00 – 17.00 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS
  4. FAKULTAS TEKNOLOGI  KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Hari : Jum’at

Tanggal : 20  September 2024

Pukul : 07.00 – 16.00 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS HUKUM
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!