Fakultas Biologi dan Pertanian Lepas 71 Lulusan dalam Prosesi Yudisium

Jakarta (UNAS) – Fakultas Biologi dan Pertanian (FBP) Universitas Nasional (UNAS) lepas 71 lulusan dalam prosesi Yudisium Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024, di Aula Blok I lantai IV UNAS, Rabu (15/05).

“Pada periode ini, FBP meluluskan 71 calon wisudawan yang terdiri dari 38 mahasiswa Program Studi Sarjana Biologi, 30 mahasiswa Program Studi Agroteknologi, dan 3 mahasiswa Program Studi Magister Biologi,” ujar Ketua Pelaksana kegiatan, Dra. Noverita, M.Si., dalam sambutannya.

Ketua Program Studi Sarjana Biologi itu menambahkan bahwa seluruh lulusan telah berhasil melewati serangkaian proses akademik di FBP UNAS, sehingga lulus dan berhak mendapatkan gelar Sarjana dan Magister.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan FBP UNAS, Dr. Fachruddin M. Mangunjaya, M.Si. menuturkan bahwa  ini merupakan yudisium atau wisuda internal yang pertama kali dilakukan usai bergabungnya Program Studi Biologi dan Program Studi Agroteknologi menjadi satu fakultas.

“Kami dengan bangga melepas seluruh lulusan pada hari ini atas seluruh dedikasi dan kerja keras yang telah dilakukan selama menempuh perkuliahan. Selamat berjuang dan semoga bisa menjadi pekerja profesional dalam bidang Biologi maupun Pertanian,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni UNAS, Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M. menuturkan bahwa yudisium ini merupakan agenda rutin yang diadakan fakultas sebelum pemindahan kuncir toga oleh Rektor UNAS dalam prosesi wisuda.

“Yudisium merupakan momen untuk merayakan kelulusan di tingkat fakultas. Saya atas nama Rektor mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh calon wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikan dengan baik,” tuturnya.

Prof. Suryono juga berharap untuk tetap menjaga nama baik almamater UNAS, mengingat seluruh lulusan telah resmi menjadi keluarga besar alumni Civitas Akademika UNAS. “Jagalah nama baik UNAS dimanapun berada, dan bekerjalah dengan profesional,” pungkasnya.

Baca Juga :   Fakultas Pertanian UNAS Ingatkan Kejayaan Ekonomi Indonesia dari Sektor Pertanian Pada Mahasiswa Baru

Yudisium ini juga dihadiri oleh narasumber dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Prof. Dr. Enny Sudarmonowati, M.Si. yang memberikan pembekalan kepada lulusan dengan judul ‘Inovasi Biologi dan Pertanian Memperkuat Pembangunan Berkelanjutan’.

Ia menjelaskan mengenai pentingnya kolaborasi lintas sektor dan lintas negara dalam mendorong pembangunan berkelanjutan. “Dalam upaya tersebut,  diperlukan keterlibatan aktif masyarakat dan dukungan terhadap inovasi dan teknologi yang berkelanjutan. Selain itu, kebijakan edukasi dan riset yang mendukung lintas sektor antara ekonomi, lingkungan, dan sosial serta perlindungan SDG juga menjadi hal yang penting,” paparnya.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada lulusan terbaik FBP oleh Dekan dan Ketua Program Studi. Adapun para lulusan tersebut ialah Syifa Agustiana, S.Si, Farhan Apriansyah, S.Si, Safira Zalfa Salsabila, S.Si, Silvia Hasan, M.Si, dan Amirra Jasmine Asyifa, S.P.

Tak hanya itu, FBP juga turut memberikan penghargaan kepada calon wisudawan berpestasi yakni Silvia Hasan, M.Si. sebagai Pemakalah Terbaik Nasional 2023, Farhan Apriansyah, S.Si sebagai Ketua BSO KSEP Periode 2022/2023, Muhammad Hudan Assalam, S.Si. sebagai Ketua BSO BBC Periode 2022/2023, Seno Wicaksono, S.Si. sebagai Ketua BSO MCC Periode 2020/2021, Adit Sudiarto, S.P. sebagai Kepala Bidang Pembinaan dan Kaderisasi HIMMASTA 2023/2024, Muhammad Rakha Danu, S.P. sebagai Sekretaris Khusud HIMAGRO 2022/2023, dan Dwi Efriana, S.P. sebagai Bendahara HIMAGRO 2022/2023.

Dalam akhir acara, Dekan FBP juga menyerahkan nama-nama wisudawan yang secara resmi telah bergabung dalam Ikatan Keluarga FABIONA dan FAPERTA. Turut hadir dalam kegiatan ini ialah para dosen dari lingkungan FBP, alumni, perwakilan guru dan siswa dari SMA/SMK, serta pondok pesantren.(NIS). 

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!