FTKI Adakan Sharing Session Robotic

Jakarta (UNAS) – Fakultas Teknik Informatika Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika (FTKI) menggelar workshop bertemakan “Era 4.0 Robotic Home Industry” pada Kamis (27/06) di ruang Seminar UNAS. Kegiatan ini bertujuan sebagai sarana mahasiswa untuk memperluas wawasan dan pengetahuan tentang robotik serta sebagai bentuk demonstrasi robot hasil karya mahasiswa Prodi Informatika UNAS.

Dalam pembukaan kegiatan Sekretaris Prodi Informatika, Ratih Titi Komalasari, S.T., M.M., MMSI., menyampaikan bahwa sharing session ini merupakan salah satu tahapan pembelajaran yang disusun di dalam kurikulum. “Ini berkaitan dengan pemrograman yang hasilnya akan di demokan, robot yang akan di demokan merupakan produk dari salah satu mata kuliah di Prodi Informatika,” tuturnya.

Era Industri 4.0 telah memasuki tren dunia dengan daya transformasinya yang sangat cepat. Perkembangan teknologi digital yang pesat, terutama di bidang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), big data, dan robotika, telah mengubah lanskap industri dan gaya hidup manusia secara mendalam. Era ini ditandai oleh integrasi teknologi digital dengan proses industri, sosial, dan ekonomi, membawa perubahan yang lebih cepat daripada yang pernah kita saksikan sebelumnya.

Sebagai narasumber, Djarot Hindarto, S.Kom. M.Kom., menyampaikan bahwa Internet of Things (IoT) bukan hanya mengenai pengaplikasian robot tetapi memiliki cakupan yang luas. “Pada era 4.0 sekarang yang kita tahu internet of thing itu cuma ada di robot-robot tapi sebenarnya cakupannya cukup luas, seperti smartphone, teknologi nirkabel, teknologi berbasis sensor, dan penerapan Smart City. Saat ini kita dimudahkan dengan adanya robot-robot yang membantu pekerjaan manusia”, ucap Djarot.

Kegiatan sharing session diisi dengan demo dan pameran hasil karya mahasiswa Prodi Informatika berupa Robot Pembersih Lantai, Robot Penangkap Sinyal Radar dan Robot Tempat Sampah dengan Sensor. (TIN)

Baca Juga :   HIMAKEM Akan Gelar Senam dan Latihan Kepemimpinan Memperingati Hari Tuberkolosis
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!