Dalam sambutannya, Wakil Dekan FTKI Aris Gunaryati, S.Si., MMSI., menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari acara Yudisium Series dan bentuk kerjasama FTKI dengan PT. Solutiva Consulting Indonesia. “Kegiatan ini merupakan kegiatan yang akan terus diselenggarakan setiap semesternya, ini adalah bentuk kerjasama FTKI dengan PT. Solutiva Consulting Indonesia yang sudah berlangsung sejak semester lalu dan ini merupakan kegiatan ke dua, kegiatan ini juga merupakan bagian dari acara Yudisium Series FTKI, ” jelasnya.
Pelatihan Prakerja yang dilakukan pada Jumat dan Sabtu (8-9/10) diisi dengan pemberian psikotes, edukasi, dan simulasi wawancara yang dilakukan secara online. PT. Solutiva Consulting Indonesia, sebuah Biro Psikologi yang menawarkan jasa Psikologi dan pusat pelatihan untuk individu, perusahaan, sekolah, universitas, dan lembaga lainnya.
Pada kesempatan yang sama Komisaris PT. Solutiva Consulting Indonesia, Harmein Pane, S. Kom., menerangkan tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan alumni FTKI untuk siap kerja. “Pelatihan Prakerja ini merupakan kegiatan dalam rangka mempersiapkan alumni FTKI untuk siap bekerja. Kita fokuskan memberi pelatihan bagaimana mengantisipasi gagalnya diterima di sebuah perusahaan, ” terangnya.
Pada hari kedua Direktur PT. Solutiva Consulting Indonesia, Zakiyatul Fitri, S.Psi, M.Psi., Psikolog memberikan tips and trik bagaimana menghadapi Psikotes yang diadakan oleh sebuah perusahan.
Selain itu trainer dalam kegiatan M. Iqbal Qomaruzzaman S.E., M.M mengatakan dalam mencari pekerjaan selain mempunyai rasa tanggung jawab dan komitmen yang paling utama adalah mempunyai perilaku yang baik. “Memiliki rasa tanggung jawab dan komitmen itu penting tetapi yang paling utama adalah memiliki attitude atau akhlak atau perilaku yang baik, karena kalau hanya skill saja, skill itu bisa di upgrade tapi tidak mudah dengan merubah perilaku, ” kata Iqbal.
Dalam pelatihan, Trainer mengisi dengan psikotes, pembahasan dan review CV menarik dan tips and trick membuat CV, serta simulasi wawancara kerja. (*TIN)
Bagikan :