{:id}JAKARTA (UNAS) – Memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), para generasi muda dituntut untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya agar dapat bersaing di kancah Internasional. Tidak terkecuali mahasiswa program studi ilmu komunikasi yang diharapkan memiliki kompetensi yang mampu bersaing dengan lulusan lainnya. Guna membuka wawasan dan meningkatkan kompetensi tersebut, Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nasional (FISIP UNAS) menggelar Communication Weeks (Comm-weeks).
Acara perdana yang akan berlangsung 2 minggu ini mengambil tema “Peran, Prospektif dan Tantangan Ilmu Komunikasi di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)”. Rangkaian kegiatan meliputi seminar nasional, pameran dan kompetisi fotografi, pelatihan penyiaran radio untuk siswa SMA/SMK, pelatihan penyiaran radio dan televisi untuk mahasiswa Ilmu Komunikasi dan serta pengabdian kepada masyarakat.
‘’Ilmu Komunikasi harus memberi jaminan masa depan yang baik bagi siapa saja yang menekuni dan menggeluti bidang tersebut. Oleh karena itu melalui berbagai kegiatan di dalam communication weeks ini diharapkan bisa sedikit memberi kontribusi bagi peningkatan keterampilan dan kualiatas akademik mahasiswa, khususnya mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi, sehingga ke depan dengan terus dibekali berbagai keterampilan, mereka memiliki kompetensi dan kapasitas yang mumpuni untuk bisa bersaing dengan orang lain di dunia kerja,’’ ungkap Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNAS, Yayu Sriwartini.
Selain itu, Commweeks bertujuan untuk memaksimalkan kemampuan mahasiswa dalam berorganisasi serta mendorong agar memiliki kepedulian kepada masyarakat, berbagi ilmu dan pengetahuan serta berkontribusi membangun masyarakat melalui aktivitas-aktivitas penyuluhan, pelatihan maupun workshop serta diharapkan dapat menjadi ikon Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNAS ke depannya.
Plt Ketua Umum Himakom, Yesika Dinta mengatakan era MEA memacu ia dan teman-temannya untuk terus meningkatkan kemampuan khususnya di bidang komunikasi yang saat ini dipelajarinya. Kegiatan ini mengasah talenta dan softskill yang dimilikinya serta turut mengaplikasikan teori yang dipelajari di kuliah ke dalam dunia nyata. ‘’Kami juga mengundang universitas lain untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Antara lain dalam kompetisi fotografi yang juga diikuti oleh mahasiswa dari luar Universitas Nasional dan mengundang siswa SMA/SMK untuk mendapat pelatihan radio dan juga literasi media,’’ paparnya.
Kegiatan akan dibuka dengan Seminar Nasional yang menghadirkan berbagai pembicara yaitu Dr. Heri Budianto, M.Si (Ketua Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi Korwil Jabodetabek), Adita Irawati (Vice President Corporate Communications PT Telkomsel, Arfi Bambani (Redaktur Pelaksana viva.co.id) dan Hariqo Wibawa (Direktur Eksekutif Komunikonten & Pendiri Komunitas Peduli ASEAN) serta keynote speaker Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ir. Djoko Agung Harijadi. Berbagai instansi turut mendukung kegiatan ini antara lain PT Telkomsel, Viva.co.id, Koran Republika, Koran Sindo, serta Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia.
Dalam event comm-weeks ini juga diselingi dengan Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan beberapa instansi, di antaranya dengan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) Korwil Jabodetabek, Viva.co.id serta Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI).
‘’MoU ini sangat penting tidak hanya untuk peningkatan performa prodi tetapi juga untuk kemajuan serta peningkatan kualitas akademik mahasiswa. Ke depan MoU ini akan terus dirajut dengan berbagai pihak yang relevan dengan bidang Jurnalistik, Periklanan dan Public Relations,’’ tegas Yayu.{:}{:en}JAKARTA (UNAS) – Entering the ASEAN Economic Community (AEC), the young generation is expected to increase their knowledge and skills to be competitive in the international arena. Students of communication science are expected to have competencies that can compete with other graduates. In order to broaden and improve the competence, Communication Studies Student Association (HIMAKOM) Faculty of Social and Political Sciences of the National University (Social UNAS) held Weeks Communication (Comm-weeks).
Inaugural event will take place 2 weeks theme “The Role, Prospective and Challenges of Communication in the Age of the ASEAN Economic Community (AEC)”. The series of activities including national seminars, exhibitions and competitions of photography, radio broadcasting training for high school / vocational training for radio and television broadcasting as well as the students of Communication Studies and community service.
” Science Communication should guarantee a better future for those who pursue and cultivate the field. Therefore, through various activities in communication weeks is expected to be little to contribute to the improvement of skills and poor quality of academic students, especially students Prodi Communications, so the future by continuing equipped with a variety of skills, they have the competence and capacity that qualified to compete with others in the world of work, ” said Chairman of Social Communication Studies UNAS, YayuSriwartini.
Additionally, Commweeks aims to maximize the students’ ability to organize and encourage a concern to the community, to share knowledge and knowledge and contribute to building the community through outreach activities, training and workshops, and is expected to become an icon of Social Communication Studies Prodi UNAS future.
Acting Chairman HIMAKOM, Yesika MEA era spur Dinta said he and his friends to continue to improve, especially in the field of communication today learned. This activity sharpen its talent and soft skills and contribute to apply theory learned at college into the real world. ” We are also inviting other universities to participate in this activity. Among others in the photography competition which was also attended by students from outside the University of National and invite high school / vocational training for radio and media literacy, ” he said.
Activities will be opened with the National Seminar which brings various speakers such as Dr. HeriBudianto, M.Si (Chairman of the Association of Higher Education Communication Studies KorwilJabodetabek), AditaIrawati (Vice President Corporate Communications of PT Telkomsel, ArfiBambani (Managing Editor viva.co.id) and Hariqo Authority (Executive Director & Founder Komunikonten ASEAN Community Care ) as well as the keynote speaker Director of Information and Public Communication, Ministry of Communications and Information Technology, Ir. DjokoAgungHarijadi. Various agencies also support these activities, among others, PT Telkomsel, Viva.co.id, Republika newspaper, Koran Sindo, and the Alliance of Independent Journalists (AJI) Indonesia.
In the comm-weeks event is also interspersed with the signing of a Memorandum of Understanding (MoU) with several agencies, including the Association of Higher Education Communication Studies (ASPIKOM) KorwilJabodetabek, Viva.co.id and Indonesian Journalists Alliance (AJI).
” This MoU is very important not only to increase the performance of study programs but also to the advancement and improvement of academic quality of students. In the future this MoU will continue to be knitted with the various parties that are relevant to the fields of Journalism, Advertising and Public Relations, ” firmly Yayu.{:}
Bagikan :