Jakarta (UNAS)- Gunakan kajian semiotik Somadi berhasil menyandang gelar Doktor ke 5 Fakultas Bahasa dan Sastra UNAS pada sidang terbuka promosi doktor yang dilaksanakan di Aula Universitas Nasional dan Gedung Universitas Hasanudin Makasar secara Hybrid Rabu (19/1). Dr. Drs. Somadi, M.Hum berhasil menyelesaikan studinya di Fakultas Ilmu Budaya Program Studi Ilmu Linguistik, Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin Makassar dengan judul disertasi “Konstruksi Mitos dan Ideologi Dalam Teks Iklan TV Komersial Kosmetik Wardah : Kajian Semiotik”.
Dalam paparan sidang, Somadi menjelaskan mengenai iklan Wardah sebagai sarana komunikasi yang memiliki wujud bahasa teks verbal dan non- verbal dan bisa mengkontruksi konsumen. “Konsumen dikonstruksi melalui ‘Inner Beauty’ membingkai mitos dan ideologi orang cantik yang berkarakter islami. Ada fenomena menarik dalam iklan kosmetik wardah yaitu menggunakan tagline atau susunan kata; Wardah Cantik Luar Dalam, Wardah Cantik Dari Hati dan Wardah Bermula Dari Yang Halal. Hal itu digunakan untuk mengkonstruksi konsumen,” jelas Somadi.
“Penelitian konstruksi mitos dan ideologi dalam teks iklan TV komersial kosmetik wardah dikaji melalui mitos kecantikan dari dalam atau inner beauty yang secara lengkap termasuk dalam Indeks, Ikon dan Simbol. Hal ini juga mencakup keselarasan mitos, kontra mitos dan mitos baru.” Sambungnya.
Pria kelahiran Kebumen tersebut juga menerangkan hubungan Ikon, Indeks dan Simbol dalam setiap tangkapan layer di Iklan komersial kosmetik Wardah. “Ikon dalam iklan komersial kosmetik wardah berupa teks verbal dan non verbal, kemudian di dalam data peneliti ada Indeks yang berisikan rambut sehat bersinar, rambut sehat berkilau karena memakai Wardah dan Simbol berupa gambar ibu muda menggunakan hijab yang berkibar dengan wajah yang ceria merupakan simbolik rambut sehat,” terangnya.
Sidang senat terbuka promosi doktor Dr. Drs. Somadi, M.Pd., yang diketuai oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya UNHAS Prof. Dr. Akin Duli, MA., juga memaparkan efek mitos dan ideologi dari iklan komersial kosmetik Wardah. “Efek mitos ada 3, yaitu keselarasan mitos bahwa pemakaian nutrisi shampo wardah menjadikan rambut sehat dan bersih, kontra mitos adalah rambut jadi bersinar berkilau bagai model tenar dan mitos baru itu merupakan adanya dominasi oleh rambut sehat dan rambut bersih. Sedangkan Ideologi, jika tidak menggunakan nutrisi shampo wardah rambut jadi tidak sehat, tidak bersih dan tidak bersinar apalagi dengan memakai hijab.” Pungkasnya.
Ditanyai perihal manfaat penelitian, pria yang saat ini menjabat sebagai Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra UNAS memberikan kontribusinya terhadap pengembangan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk mata kuliah semiotik di Fakultas Bahasa dan Sastra UNAS.
Dalam sidang senat terbuka dihadiri oleh Promotor Prof. Dr. Tadjuddin Maknun, SU, kopromotor Dr. Ikhwan M. Said, M.Hum dan tim penguji Dr. Munirah Hasjium, S.S., M.Hum., Prof Dr. Jihar Amir, M. Hum., Prof Drs. Burhanuddin Arafah, M.Hum., Ph.D., Prof Dr Fathu Rahman,M.Hum., dan Prof Dr Muhammad Hasyim, M.Si.
Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni UNAS Dr. Suryono Effendi, S.E., M.B.A. M.M dan Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Keuangan dan SDM UNAS, Prof. Dr. Eko Sugianto, M.Si., memberikan apresiasinya kepada Dr. Drs. Somadi, M.Hum., sebagai doktor ke 5 Fakultas Bahasa dan Sastra UNAS. (*TIN)
Bagikan :