HIMAPUBLIK Universitas Nasional Adakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat di Rumah Langit

Jakarta(UNAS) – Universitas Nasional (UNAS) melalui Program Studi Administrasi Publik kembali melaksanakan kegiatan “HIMAPUBLIK Mengajar” sebagai salah satu bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Program ini berlangsung dari 21 Juni hingga 19 Juli 2024, dengan tujuan mengabdikan ilmu kepada anak-anak yang belum mendapatkan pendidikan yang layak.

Dengan mengusung tema “Membangun Semangat Generasi Muda Melalui Pendidikan Berkarakter Sesuai Bhineka Tunggal Ika,” program ini menyasar 20 anak berusia 6-10 tahun di Sekolah Rumah Langit. Sebanyak 34 mahasiswa dari Program Studi Administrasi Publik UNAS ikut serta dalam kegiatan ini.

Ketua Program Studi Administrasi Publik FISIP UNAS, Dr. Bhakti Nur Avianto, S.IP., M.Si.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama dua bulan dengan empat kali pertemuan, dengan harapan kegiatan dari HIMAPUBLIK Universitas Nasional dapat bermanfaat untuk adik-adik Rumah Langit. Dengan tema ‘Membangun Semangat Generasi Muda Melalui Pendidikan Berkarakter Sesuai Bhineka Tunggal Ika’, adik-adik dapat menerima tambahan pembelajaran mengenai berbagai keberagaman agama, budaya, suku bangsa, dan bahasa yang ada di Indonesia. Dimana kita mengisi kegiatan ini dengan bermain sambil belajar bersama untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan, karakter, dan kreativitas adik-adik. Semoga kita semua dapat bertemu lagi di lain kesempatan, meskipun kegiatan ini dilaksanakan dengan singkat mudah-mudahan dapat memberikan manfaat yang baik kepada adik-adik Rumah Langit dan kita semua,” ujar Ketua Program Studi Administrasi Publik FISIP UNAS, Dr. Bhakti Nur Avianto, S.IP., M.Si., dalam keterangan rilisnya.

Kegiatan ini diisi dengan berbagai aktivitas menarik, seperti pendekatan (bonding), belajar dan bermain, serta peningkatan kreativitas anak. Anak-anak Rumah Langit mendapatkan pembelajaran berupa ice breaking dengan membuat yel-yel, menonton video mengenai toleransi, mengikuti kuis pengetahuan tentang pahlawan dan lagu daerah, belajar matematika dasar, mengenal nama-nama pola batik, dan kegiatan mewarnai. Selain itu, mereka juga diajarkan nilai-nilai karakter seperti rasa percaya diri, toleransi, tanggung jawab, dan cinta tanah air melalui pemahaman tentang keberagaman dalam kesatuan.

Baca Juga :   Yudisium Fakultas Ekonomi dan Bisnis Periode I dan II Tahun Akademik 2019/2020 

“Mahasiswa dapat berperan aktif sebagai agen sosialisasi yang diharapkan mampu mengaplikasikan keahlian serta ilmu pengetahuan mereka dalam membantu siswa di satuan pendidikan saat anak usia dini,” tambah Dr. Bhakti.

Program ini tidak hanya memberikan manfaat bagi anak-anak Rumah Langit, tetapi juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk merealisasikan semangat, keinginan, dan minat mereka. Mahasiswa juga diharapkan menjadi inspirasi bagi anak-anak Rumah Langit untuk memperluas wawasan serta cita-cita mereka. Program Studi Administrasi Publik sangat mendorong mahasiswa untuk bisa melakukan kegiatan PKM sebagai bentuk mewujudkan pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, Universitas Nasional berharap dapat terus berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan karakter generasi muda, serta mempererat hubungan antara mahasiswa dan masyarakat melalui berbagai program pengabdian yang bermanfaat. (aDi)

Bagikan :
Berita Terbaru
Kegiatan

Seminar Kewirausahaan Management Festival 2024

[𝐇𝐢𝐦𝐩𝐮𝐧𝐚𝐧 𝐌𝐚𝐡𝐚𝐬𝐢𝐬𝐰𝐚 𝐌𝐚𝐧𝐚𝐣𝐞𝐦𝐞𝐧 𝐔𝐧𝐢𝐯𝐞𝐫𝐬𝐢𝐭𝐚𝐬 𝐍𝐚𝐬𝐢𝐨𝐧𝐚𝐥 𝐏𝐫𝐨𝐮𝐝𝐥𝐲 𝐏𝐫𝐞𝐬𝐞𝐧𝐭] 🎪 𝗦𝗲𝗺𝗶𝗻𝗮𝗿 𝗞𝗲𝘄𝗶𝗿𝗮𝘂𝘀𝗮𝗵𝗮𝗮𝗻 𝗠𝗮𝗻𝗮𝗴𝗲𝗺𝗲𝗻𝘁 𝗙𝗲𝘀𝘁𝗶𝘃𝗮𝗹 𝟮𝟬𝟮𝟰🎪 🚨 𝙀𝙓𝙏𝙀𝙉𝘿𝙀𝘿🚨 𝐓𝐞𝐦𝐚 𝐒𝐞𝐦𝐢𝐧𝐚𝐫 : “𝑪𝒓𝒆𝒂𝒕𝒆 𝒂

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!