IKA FABIONA Gelar Webinar Bertemakan “Bersihkan Bumi dari Mikroplastik untuk Masa Depan Lebih Sehat”

Jakarta (UNAS) – Dalam rangka Dies Natalis Universitas Nasional (UNAS) yang ke-75 dan sebagai perayaan acara reuni akbar Ikatan Alumni Fakultas Biologi (IKA Fabiona) diselenggarakan dengan mengusung tema besar terkait ancaman mikroplastik terhadap kesehatan lingkungan dan manusia pada Sabtu (12/10) secara Online.

Wakil Dekan Fakultas Biologi dan Pertanian Dr. Sri Endarti Rahayu, M.Si., menyampaikan bahwa bahaya micro plastik menjadi ancaman kesehatan karena tidak bisa terurai secara sempurna. “Membersihkan bumi dari mikroplastik adalah langkah krusial demi masa depan yang lebih sehat,” tegas Sri Endarti dalam sambutannya. Beliau menambahkan bahwa mikroplastik menjadi ancaman serius karena limbah plastik tidak dapat terurai dengan sempurna dan bisa mencemari lingkungan dalam jangka waktu yang sangat lama. “Ini adalah masalah yang tidak bisa kita abaikan lagi. Mikroplastik tidak hanya mencemari lingkungan tetapi juga berbahaya bagi kesehatan manusia,” ungkapnya.

Ketua IKA Fabiona Prof. Dr. Dedy Darnaedi, Guru Besar Universitas Nasional turut memberikan pandangannya mengenai urgensi masalah plastik. “Sebagai alumni biologi, tema ini sangat menantang. Plastik dalam skala makro sudah lama mengancam lingkungan, dan kini mikroplastik menjadi ancaman nyata bagi kesehatan. Awalnya plastik adalah sahabat kita, tapi karena tidak terkendali, ia menjadi masalah serius,” ucap Dedi. Ia juga mengapresiasi acara ini yang karena telah mempersiapkan tokoh-tokoh penting di bidangnya untuk menghadapi tantangan ini.

Acara yang digelar tidak hanya sebatas diskusi teoritis, tetapi juga diikuti dengan kegiatan Fun Walk pada hari Minggu (13/10) di Kawasan Kota Tua, Jakarta, di mana para peserta diharapkan dapat menemukan dan mengumpulkan mikroplastik yang ada di sekitar lingkungan sebagai bagian dari aksi nyata. “Harapannya, melalui kegiatan ini, kita tidak hanya menyadari ancaman kesehatan yang ditimbulkan oleh mikroplastik, tetapi juga mengambil langkah-langkah untuk mengatasinya,” pungkas Dedi.

Baca Juga :   Tumbuhkan Kepedulian Mahasiswa Terhadap Isu Politik, Himakom Selenggarakan Seminar Nasional

Webinar tersebut diisi oleh narasumber yang kompeten yaitu, Peneliti Micro Plastik, BRIN Prof. Dr. Reza Cordava dan Dosen Biologi Universitas Lampung Prof. Dr. Sutiyarso, M. dilanjutkan dengan sesi panelis oleh Alumni Biologi UNAS tahun 1979 yang saat ini sebagai Praktisi Lingkungan PKSPL IPB Drs. Yeremiah R.C.M Biomed dan Alumni Biologi UNAS tahun 1980 sekaligus Mantan Dekan Fakultas Biologi UNAS Dr. Drs. Khoe Susanto K.MS. (TIN)

Bagikan :
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2024/2025

Hari : Kamis 

Tanggal : 19 September 2024

Pukul : 07.00 – 17.00 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS
  4. FAKULTAS TEKNOLOGI  KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Hari : Jum’at

Tanggal : 20  September 2024

Pukul : 07.00 – 16.00 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS HUKUM
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!