Kepala LLDikti Wilayah III Jakarta: Kolaborasi Merupakan Kunci Sukses Inovasi di Universitas Nasional

Jakarta (UNAS) – Universitas Nasional (UNAS) menggelar Rapat Kerja Tahun 2024 dengan mengusung tema “Inovasi dan Kolaborasi: 75 Tahun Perjalanan Menuju Pendidikan Berbasis Teknologi dan Globalisasi“, pada 10-12 September 2024 di Hotel Grand Ussu, Cisarua, Puncak Bogor, Jawa Barat.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pimpinan fakultas, mulai dari Dekan, Wakil Dekan, Ketua Program Studi, Sekretaris Program Studi, Kepala Biro, Kepala Badan, dan Kepala Unit di lingkungan Universitas Nasional.

Salah satu pembicara utama, Kepala LLDikti Wilayah III Jakarta Prof. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc., menyampaikan pesan penting mengenai peran sentral kolaborasi dan inovasi di era digital. Dalam sambutannya, Prof. Toni menegaskan bahwa inovasi tidak lagi menjadi hal baru di dunia pendidikan. Di tengah transformasi digital dan globalisasi, inovasi merupakan elemen kunci untuk menjaga relevansi dan kualitas pendidikan.

Kepala LLDikti Wilayah III Jakarta Prof. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc. saat menjadi pembicara dalam kegiatan Raker UNAS
Kepala LLDikti Wilayah III Jakarta Prof. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc. saat menjadi pembicara dalam kegiatan Raker UNAS

“Pendidikan tinggi harus mampu mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat guna mencetak lulusan yang siap bersaing di kancah global,” ujar Prof. Toni.

Ia juga menekankan pentingnya kolaborasi lintas disiplin, lembaga, bahkan antarnegara dalam upaya mendukung inovasi. Menurutnya, kolaborasi ini perlu diperkuat melalui kerja sama dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun luar negeri. “Kerja sama ini akan memperkuat jejaring akademik dan meningkatkan daya saing institusi,” tambahnya.

Lebih lanjut, Prof. Toni menyatakan bahwa salah satu indikator keberhasilan perguruan tinggi dalam berinovasi dan berkolaborasi adalah akreditasi internasional. Ia mendorong Universitas Nasional untuk menjadikan akreditasi internasional sebagai target prioritas guna meningkatkan kualitas dan daya saing di tingkat global.

Selain itu, ia juga menyoroti pentingnya pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) yang terukur dan realistis, terutama dalam aspek kualitas lulusan, kinerja dosen, serta kerja sama dengan industri. “Universitas harus memiliki target-target yang jelas dalam mencapai prestasi di berbagai bidang,” tegasnya.

Baca Juga :   Jadi Dekan FBP UNAS, Fachruddin Siap Boyong Fakultas ke Level Internasional

Di usia yang ke-75 tahun, Universitas Nasional telah membuktikan diri sebagai institusi yang matang dan berkomitmen dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Dengan semangat inovasi dan kolaborasi yang kuat, Prof. Toni optimis bahwa Universitas Nasional akan terus menjadi pionir dalam memajukan pendidikan di Tanah Air.(*)

Bagikan :
Berita Terbaru
Kegiatan

OPEN RECRUITMENT ANGGOTA HIFI 2024/2025

[OPEN RECRUITMENT ANGGOTA HIFI 2024/2025🚨📸] Halo, Sobat HIFI 👋🏻❗️ HIMPUNAN FOTOGRAFI merupakan Organisasi yang menaungi mahasiswa/i Universitas Nasional yang memiliki

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!