Lakukan Kegiatan Ekopesantren, PPI UNAS Bertandang ke Ponpes Kun Karima

Pondok Pesantren Kun Karima La Tansa 3 merupakan salah satu Ponpes yang menerima penghargaan Anugerah Ekopesantren dalam kategori Program Keanekaragaman Hayati.

 Jakarta (UNAS) – Pusat Pengajian Islam (PPI) Universitas Nasional (UNAS) bertandang ke Pondok Pesantren (Ponpes) Kun Karima La Tansa 3, Pandeglang, Banten dalam rangka melakukan kegiatan Ekopesantren, pada Senin (22/07). Kunjungan ini juga diliput langsung oleh media Jerman, Deutsche Welle.

“Dalam kesempatan ini, saya memberikan kuliah umum kepada para santri, melakukan penanaman pohon, serta eksplorasi satwa yang ada di lingkungan pesantren dengan mengikutsertakan mahasiswa Prodi Biologi,” ucap Ketua PPI UNAS, Dr. Fachruddin M Mangunjaya, M.Si., dalam sesi wawancaranya dengan Humas UNAS.

Ia melanjutkan, Ponpes Kun Karima La Tansa 3 menerima penghargaan Anugrah Ekopesantren Award pada kategori program Keanekaragaman Hayati. “Karenanya, kegiatan berbasis lingkungan yang ada di Ponpes ini bisa dijadikan contoh bagi pesantren lainnya,” ucap Dekan Fakultas Biologi dan Pertanian UNAS itu.

Fachruddin menambahkan, kedatangan PPI UNAS ke Ponpes Kun Karima La Tansa 3 turut disambut baik oleh Pemimpin Pondok, para guru, dan para santri. “Kedepannya, kami akan terus berkolaborasi untuk melakukan kegiatan berkaitan dengan program lingkungan hidup,” pungkasnya.

Kegiatan Ekopesantren di Ponpes Kun Karima La Tansa 3

Sementara itu, Pemimpin Ponpes Kun Karima La Tansa 3 Dr.KH.Soleh,S.Ag.,M.M. mengatakan bahwa menjaga lingkungan dan sekitarnya merupakan komitmen bagi pondok pesantren sejak awal. “Komitmen kami juga sejalan dengan ajakan kemitraan PPI UNAS untuk menjaga lingkungan hidup melalui Program Ekopesantren,” ucapnya.

Ia menuturkan, adapun kegiatan Ekopesantren yang telah dilakukan di Ponpes Kun Karima La Tansa 3 yakni penanganan dan pengolahan air, penanaman pohon, serta pengolahan sampah organik dan non organik. “Tak hanya itu, kami juga melakukan penanaman pohon yang bekerja sama dengan Kahati dalam program apotek alami,” tuturnya.

Baca Juga :   Workshop Teknik Fisika Kenalkan Teknologi Lintas Bidang

Selain itu, tambah KH. Soleh, Ponpes Kun Karima La Tansa 3 juga memiliki Keanekaragaman Hayati yang sangat baik dan bagus populasinya. Hal ini karena didukung oleh lingkungan yang asri, serta banyaknya pohon dan tumbuhan yang berakena ragam, sehingga populasi hewan dapat terjaga.

“Meski program Ekopesantren ini telah selesai, upaya pemeliharaan lingkungan pasti akan kita tetap prioritaskan, dengan menjaga alam, penanaman pohon, dan terus mengedukasi warga pesantren terhadap pemeliharaan alam & lingkungan,” katanya.

Sebelum mengikuti Ekopesantren, Pondok Pesantren Kun Karima La Tansa 3 juga telah melaksankan Program lingkungan, seperti halnya pada setiap hari Jum’at para guru mengarahkan santri untuk selalu menjaga dan menata lingkungan, serta penghematan Air. “Jika ada pohon-pohon yang ditebang untuk pembangunan sarana, kami tanam kembali pada posisi yang tidak mengganggu bangunan,” imbuhnya. (NIS)

 

Bagikan :
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!