Mahasiswa Biologi UNAS dan Rutgers University Presentasikan Hasil Short Course di Stasiun Penelitian Tuanan

Jakarta (UNAS) – Mahasiswa program studi Biologi bersama dengan mahasiswa dari Rutgers University, Amerika Serikat mempresentasikan hasil short course selama 10 hari di Stasiun Penelitian Tuanan, Kalimantan Tengah. Presentasi dilakukan dalam acara seminar dengan topik “Exploring Primate Ecology and Conservation: Highlight From a Short Course”, yang diselenggarakan di Ruang Exhibition UNAS, pada Sabtu, 20 Juli 2024.

Seminar ini adalah bagian dari kegiatan short course dengan peserta berjumlah 20, terdiri dari dosen dan mahasiswa dari Biologi UNAS, Biologi Universitas Palangkaraya dan Rutgers University serta peserta dari BOS Foundation, KPHL Kapuas-Kahayan, BKSDA Kalteng, dan Dinas Kehutanan Kalteng.

Pemberian sertifikat dan cinderamata oleh Wakil Rektor UNAS Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerjasama Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt. (tengah) kepada dua narasumber Prof. Dr. Erin Vogel (kiri) dan Prof. Dr. Victoria Ramenzoni (kanan).

Seminar presentasi mahasiswa hasil short course tersebut dibagi kedalam empat sub topik/ kelompok, yaitu (1) Orangutan, (2) ⁠⁠Gibbon/owa, (3) ⁠⁠Biodiversitas dan (4) ⁠⁠Skeleton. Ketua Panitia Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si. mengatakan kegiatan seminar ini sebagai tempat untuk memaparkan apa yang sudah dilakukan dalam short course. Ia menjelaskan bahwa kegiatan semacam ini short course masuk kedalam kinerja utama Universitas, sehingga itu memiliki nilai tersendiri bagi Universitas.

Tatang pun, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu jalannya acara short course dari awal hingga akhir. “Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi Rutgers juga bermanfaat bagi UNAS dan semua student,” kata Tatang. Dalam kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Biologi dan Pertanian UNAS Dr. Fachruddin M. Mangunjaya, M.Si. pada sambutannya menyampaikan selamat datang kepada dosen dan mahasiswa Rutgers di Universitas Nasional. Ia juga menyampaikan, selamat atas selesainya kegiatan pengamatan di Stasiun Tuanan.

Fachruddin pun juga mengapresiasi para panitia yang sudah bekerja keras mensukseskan acara short course ini. Sebelum menutup sambutannya, Fachruddin berharap kegiatan short course dapat dilanjutkan di tahun-tahun yang akan datang. Wakil Rektor UNAS Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerjasama Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt. dalam sambutannya mengatakan kegiatan short course merupakan penguatan kerja sama antara UNAS dan Rutgers yang sudah terjalin selama 20 tahun. Selama itu, kedua pihak telah melaksanakan berbagai kegiatan yang bermanfaat baik UNAS maupun Rutgers.

Baca Juga :   Sambut dan Kenalkan Prodi Kepada Mahasiswa Baru, Himakom Unas Kembali Selenggarakan OKK

Prof. Erna meyakini selama kegiatan short course para mahasiswa telah mendapatkan manfaat serta wawasan yang lebih dalam lagi mengenai Ekologi dan Konservasi Primata. Lebih lanjut, Ia berharap para mahasiswa dapat berbagi pengalaman dan men-sharing hasil pengamatannya selama 10 hari di Tuanan. Dalam kegiatan seminar ini juga diisi dengan materi oleh narasumber utama/ instruktur yaitu Prof Dr. Erin Vogel dan Prof Dr. Victoria Ramenzoni.

Adapun peserta yang diundang dalam seminar ini adalah ⁠SMA di Jabodetabek, ⁠LSM Konservasi, ⁠⁠Mahasiswa di Universitas Nasional dan perguruan tinggi lainnya. Turut juga hadir dalam kegiatan ini yaitu Ketua Program Studi Magister Biologi Dr. Fitriah Basalamah, M.Si., Sekretaris Program Studi Magister Biologi Alvira Noer Effendi, S.Si., M.Si., Ketua Program Studi Biologi Dra. Noverita, M.Si. serta para Dosen dilingkungan Prodi Biologi.

Sebagai informasi, pada tanggal 04 hingga 12 Juli 2024 mahasiswa dari Biologi UNAS, Biologi Universitas Palangkaraya dan Rutgers University serta peserta dari BOS Foundation, KPHL Kapuas-Kahayan, BKSDA Kalteng, dan Dinas Kehutanan Kalteng melakukan pengamatan ekologi primata (orangutan dan owa), biodiversitas dan skeleton selama 10 hari di Stasiun Penelitian Tuanan. Pengamatan tersebut diinstrukturi oleh Prof. Dr. Erin Vogel, Prof. Dr. Victoria Ramenzoni, Dr. Alexandra Kralick, Dr. Sri Suci Utami Atmoko dan William Dane Aquado.

Setelah pelatihan di Tuanan, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan budaya ke Yogyakarta untuk melihat pusat batik dan Candi. Kemudian juga berkunjung ke Taman Nasional Kepulauan Seribu untuk mengenal biota laut dan konservasi. Selain itu, para student juga melaksanakan kegiatan community service kepada siswa-siswi SMAN 69 Jakarta. Dari hasil kegiatan short course tersebut para peserta mahasiswa Biologi UNAS dan mahasiswa Rutgers diminta melakukan presentasi sebagai laporan ilmiah yg dikemas melalui seminar.

Baca Juga :   Jadi Doktor Ilmu Politik, Syamsu Rizal Teliti Isu Etnisitas Pada Pilkada Kabupaten Tebo Tahun 2017

Adapun tujuan short course diselenggarakan untuk meningkatkan wawasan ilmiah, kolaborasi penelitian mahasiswa kedua Universitas dan mengenalkan budaya Indonesia bagi mahasiswa Rutgers serta mempererat kerjasama UNAS dan Rutgers University. (*DMS)

Bagikan :
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!