Jakarta (UNAS) – Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNAS bekerjasama dengan Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial UNJ menyelenggarakan webinar bertajuk “Membuat Konten Kreatif dan Menarik untuk Mendapatkan Hasil yang Menarik dan Maksimal di Instagram” sebagai langkah menjawab tantangan digitalisasi.
Pelaksanaan webinar ini dimotori oleh lima mahasiswa Ilmu Komunikasi UNAS bersama BPM FIS UNJ sebagai mitra utama penyelenggara Hima Penerbitan Polimedia dan MBEC Club Universitas Mercu Buana ini terbilang sukses. Hal ini karena menyasar audiens lini kreatif mahasiswa yang menjadi tombak komunikasi di media sosial masing-masing organisasi kegiatan mahasiswa.
Dipandu oleh moderator dari mahasiswa Ilmu Komunikasi UNAS Nindi Utari, webinar diselenggarakan pada hari Minggu (2/1/2022) ini diharapkan bisa meningkakan kemampuan manajemen media sosial Instagram.
Dosen Ilmu Komunikasi UNAS Yayu Sriwartini, S.Sos., M.Si., menurutkan mengenai betapa pentingnya di era digitalisasi ini untuk bijak dalam memilih konten media sosial agar mendapatkan hasil yang maksimal dan menarik khususnya di Instagram. “Maka dari itu, kita sebagai pengguna media sosial tentunya harus semakin banyak tahu mengenai cara penggunaannya yang bijak, kreatif sehingga bisa menghasilkan nilai yang maksimal dan lebih bisa bermanfaat lagi,” tuturnya.
Kepala Divisi Humas dan Media Kreatif BPM FIS UNJ, Sisiliana Rachma, mengungkapkan rasa terima kasih karena telah mengadakan acara yang bermanfaat untuk admin media sosial. “Kami perlu banyak belajar berkaitan dengan sosial media, itu bisa mempermudah branding atau melakukan kegiatan di media sosial itu sendiri,” ujar Sisiliana.
Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk capaian dari mata kuliah Public Relation dan Manajemen CSR. Mahasiswa Ilmu Komunikasi yang menginisiasi webinar ini mengangkat dua pembahasan sebagai jawaban tantangan digitalisasi.
Materi pertama mengenai copy writing yang disampaikan oleh Jodi Sosiawan. Membahas mengenai strategi untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam penyusunan kata pembuatan caption konten.
Kemudian pada sesi kedua membahas mengenai grafis desain dan manajemen media sosial Instagram yang disampaikan oleh Muhammad Agus Setiawan. Ia menuturkan bahwa manajemen media sosial dan konten visual saling berkaitan untuk meraih hasil yang maksimal.
Hasil tersebut bisa berupa interaksi audiens terhadap media sosial yang dikelola. “Maka dari itu, memahami audiens juga menjadi hal yang tak luput diprioritaskan untuk diperhatikan,” jelas Agus.
Webinar ini diakhiri dengan sesi tanya jawab yang diajukan oleh peserta. Hal ini sekaligus untuk mengetahui sejauh mana peserta memahami materi yang disampaikan oleh narasumber. Serta ditujukan dari antusiasi banyaknya peserta yang aktif memberikan pertanyaan. (*ARS/Tim PKM)
Link Youtube kegiatan webinar : https://www.youtube.com/watch?v=C5oyPW0C0IA
Bagikan :