Mahasiswa Periklanan Diajak Dalami Creative Thinking dan Story Telling

JAKARTA (UNAS) – Himpunan  Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) Universitas Nasional (UNAS) kembali melangsungkan workshop dalam rangkaian kegiatan Communication Weeks (Commeweks) 2019. Bertajuk “Saya ingin jadi copywriter”, workshop periklanan ini mengajak para mahasiswa untuk belajar story telling dan melahirkan ide melalui creative thinking.

Dosen Ilmu Komunikasi UNAS, Djujur Luciana R. S.Sos., M.Si. mengatakan, story telling dan creative thinking dapat melatih mahasiswa untuk menulis iklan yang bagus, unik, dan memberikan makna tersendiri bagi khalayak. “Melalui workshop ini juga mahasiswa dapat belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan bagaimana menulis iklan dengan baik sehingga menarik khalayak,” jelasnya.

Hadir sebagai pembicara pertama, Praktisi Coorporate Communication, Anggoro Santoso, M.Ikom. mengatakan, creative thinking merupakan kemampuan yang akan terus berguna di era teknologi. Karena, dunia periklanan saat ini memerlukan creative thinking agar bisa berkompetisi dengan perusahaan-perusahaan lainnya.

“Banyak orang periklanan yang bangkrut karena tidak memiliki kreativitas, sehingga mereka tidak bisa bertahan dan jatuh. Padahal, di era teknologi digital 4.0, kreatifitas itu menjadi hal yang utama. Siapa yang punya inovasi dan ide-ide yang unik, mampu menggaet khalayak, maka dia yang bertahan,” ujar Anggoro yang juga dosen Ilmu Komunikasi UNAS itu.

Ia melanjutkan, mahasiswa perlu mencari ide untuk membuat hal yang baru di dunia periklanan. Namun, tidak ada ide yang baru di dunia, semua hasil dari modifikasi. “Ide kita juga pasti tidak ada yang original, pasti kita terinspirasi dari sesuatu lalu muncul lah ide, oleh karena itu banyak cari-cari referensi, perluas wawasan,” kata dia.

Sementara itu, pembicara kedua, Creative Advisor dan Story Teller Budiman Hakim menyampaikan, agar dapat bersaing dalam dunia periklanan, mahasiswa perlu belajar story telling. Story telling ini cara paling ampuh untuk berjualan di sosial media,” ungkapnya.

Baca Juga :   Skripsi Secara Daring di Tengah Pandemi, FEB Lakukan Sosialisasi kepada Mahasiswa    

Menurutnya, story telling diambil dari kisah mendongeng yang kini diangkat sebagai strategi marketing. Hal ini perlu dilakukan karena melalui bercerita, penyampaian pesan menjadi lebih unik dan menarik.

“Buat anak periklanan, ini strategi yang ampuh karena kekuatannya ada di cerita. Kita dari dalam kandungan saja sudah didongengkan oleh Ibu, jadi penyampaian pesan melalui berdongeng itu lebih mudah diterima oleh masyarakat, toh kita sudah mendengarnya sejak kecil,” tuturnya.

Ia menyarankan kepada mahasiswa untuk terus mengupdate postingan menjadi lebih interaktif dan kreatif menggunakan story telling. Ini merupakan kunci branding di sosial media.(#NIS)

Bagikan :

Info Mahasiswa

Related Post

Bertandang ke UNAS, Multimedia University Tawarkan Mobility Program Bagi Beberapa Program Studi
UNAS Berpartisipasi Dalam Workshop Research Paper Publication
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unas Lakukan Praktik Liputan dalam Peringatan HUT Bhayangkara
Krisis Pertanian di Negara Agraris, Himagro Ajak MABA Pertanian UNAS Bertani Secara Digital
Universitas Nasional Luncurkan Pusat Kajian Bioteknologi
Melestarikan Gambut Bersama Para Da'i

Kategori Artikel

Berita Terbaru
Agenda

Scholarship Day

✨️Undangan Scholarship Day untuk Penerima Beasiswa✨️ (KIP-KULIAH, KJMU, BIDIKMANIS, BANK SHINHAN, DJARUM, BEASISWA UNGGULAN, dan BAZNAS) Assalamualaikum wr.wb. Halo teman-teman

Read More »
Berita

Prodi HI dan AIHII Gelar Seminar Nasional: “BRICS dan Indonesia: Peluang, Tantangan, dan Strategi Kolaborasi Global” Jakarta (UNAS) – Program

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2024/2025

Hari : Kamis 

Tanggal : 19 September 2024

Pukul : 07.00 – 17.00 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS
  4. FAKULTAS TEKNOLOGI  KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Hari : Jum’at

Tanggal : 20  September 2024

Pukul : 07.00 – 16.00 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS HUKUM
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!