Menuju Pendidikan Berkualitas, Biologi UNAS Adakan Workshop Kurikulum Berbasis OBE

Jakarta (UNAS) – Program Studi Biologi dan Magister Biologi Universitas Nasional (UNAS) mengadakan Workshop Kurikulum dengan mengusung tema ‘Workshop Kurikulum Berbasis Outcome Base Education (OBE) Menuju Implementasi Visi Misi Program Studi’ di Ruang Seminar Selasar UNAS Blok 1 Lt.3, Selasa, (23/7).

Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom., saat memberikan materi tentang kurikulum berbasisi OBE didepan para dosen UNAS.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom., sebagai Kepala Badan Pengembangan Kurikulum. Workshop ini merupakan kegiatan ketiga yang dilakukan oleh Fakultas Biologi dan Pertanian (FBP) UNAS untuk memperbaiki dan menyempurnakan kurikulum berbasis OBE. Ia juga menyampaikan bahwa pentingnya Penerapan OBE  dalam sistem pendidikan tinggi. “OBE juga bantu memastikan bahwa pendidikan tinggi menghasilkan lulusan yang kompeten, tanggung jawab, dan mampu beradaptasi dengan perubahan dan tantangan di dunia nyata,” ujar Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom.

Setelah itu, terdapat tujuan workshop kurikulum ini yaitu agar dosen dapat memahami konsep asesmen dan mampu membuat portofolio penilaian. Ia juga menjelaskan tentang Capaian Pembelajaran (CPL), Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), indikator penilaian, teknik penilaian dan kriteria penilaian.

Ia menambahkan, pentingnya metode pengajaran dan pembelajaran yang efektif untuk mencapai hasil yang diharapkan. Ia menekankan bahwa pendekatan pembelajaran aktif, proyek kolaboratif, dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran adalah kunci untuk mencapai tujuan pendidikan yang berbasis pada hasil (outcome).

“Semoga para dosen dapat memahami bahwa pembelajaran terdiri dari tiga standar, yakni standar perencanaan pembelajaran, standar proses pembelajaran dan standar penilaian pembelajaran serta dapat memberikan panduan dan inspirasi bagi para dosen dan pengelola program studi (prodi) di FBP guna meningkatkan kualitas pendidikan, sesuai dengan visi dan misi prodi masing-masing,” tambahnya.

Adapun yang hadir dalam kegiatan ini, Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerjasama Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt., Kepala Badan Pengembangan Kurikulum Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom., Dekan FBP UNAS Dr. Fachruddin M. Mangunjaya, M.Si, Kaprodi Biologi dan Prodi Magister UNAS serta Dosen FBP UNAS. (SAF)

Baca Juga :   Fokus Rancang RPS OBE, FIKES UNAS Gelar Rapat Kerja 2024

 

Bagikan :
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!