PLBA Fakultas : Dekan FBP Tekankan Pentingnya Membangun Karakter

Jakarta (UNAS) – Setelah mengikuti kegiatan Pengenalan Lingkungan & Budaya Akademik  (PLBA) tingkat Universitas selama dua hari, mahasiswa baru Universitas Nasional (UNAS) kembali harus mengikuti PLBA tingkat fakultas yang diadakan pada hari ketiga. Tak terkecuali Fakultas Biologi dan Pertanian (FBP). PLBA FBP dilakukan diruang kelas  Blok 4 Lt. 3  serta dilaboratorium Bambu Kuning.

Pada kegiatan ini mahasiswa baru dikenalkan tentang budaya akademik yang ada di Fakultas seperti mengenalkan Prodi Biologi dan Agroteknologi, Kurikulum, Kemahasiswaan, Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI), serta kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Wakil Dekan FBP Prof. Dr. Dra. Sri Endarti Rahayu, M.Si. yang juga pengarah kegiatan PLBA FBP menuturkan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk mengenal lebih dalam lagi mengenai fakultas, program studi, dosen-dosen hingga pembimbing akademiknya.

Dekan Fakultas Biologi dan Pertanian Dr. Fachruddin M. Mangunjaya, M.Si. menyampaikan sambutan dalam acara PLBA Fakultas, di Ruang Kelas Blok 4 Lt. 3 UNAS.

Melalui kegiatan ini juga, mahasiswa baru juga akan mendapatkan pemahaman mengenai metode pembelajaran dan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). “Mudah-mudahan mahasiswa baru bisa memahami dan mengerti apa yang akan didapat selama perkuliahan,” ujar Prof. Endarti. Sementara itu, Dekan FBP Dr. Fachruddin M. Mangunjaya, M.Si. dalam sambutannya, menyampaikan selamat datang kepada mahasiswa baru dan terima kasih karena telah memilih FBP UNAS untuk melanjutkan pendidikan tingginya.

Pada kesempatan ini, Dekan FBP turut memperkenalkan profil dan program studi yang ada di FBP. Tak lupa ia juga memperkenalkan pimpinan struktural. Lebih lanjut, Fachruddin menekankan pentingnya karakter selama menjalani perkuliahan. Menurutnya, dengan memiliki karakter, dapat membentuk etika dalam diri mahasiswa.

“Jadi karakter ini penting supaya mahasiswa memahami bagaimana lingkungan di dalam kampus. Karena UNAS ini tidak hanya mengajar tetapi mendidik bagaimana membangun karakter mahasiswa. Jadi, karakter itu terbentuk dari kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan dan dari lingkungan sekitar,” tuturnya, Sabtu, 21 September 2024. Pada kegiatan ini juga diisi dengan materi kuliah umum yang disampaikan oleh Dr. Hario Tabah Wibisono selaku Direktur SINTAS dengan judul “Mengembangkan Intelektualitas dan Kepedulian Global Melalui Keanekaragaman Hayati Untuk Rekognisi Internasional”.

Baca Juga :   Bangun Organisasi Visioner dan Optimalisasi Potensi Mahasiswa, FEB Adakan Management Day 2024

Setelah sesi kuliah umum, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan mengenai SKPI dan Kemahasiswaan yang disampaikan oleh Prof. Dr. Sri Endarti Rahayu, M.Si. Setelah itu dilanjutkan dengan Perkenalan Kurikulum Prodi Biologi & Prodi Agroteknologi, Blended Learning dan  KTM oleh Ketua Program Studi Biologi Dra. Noverita, M.Si  dan Ketua Program Studi Agroteknologi Ir. Etty Hesthiati, M.Si.

Ketua Program Studi Biologi Dra. Noverita, M.Si. memperkenalkan kurikulum Prodi Biologi

Juga materi mengenai keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat yang disampaikan oleh Dosen Prodi Biologi Astri Zulfa, S.Si., M.Si. dan Dosen Prodi Agroteknologi Ir. Wayan Rawiniwati, M.Si. Setelah Ishoma, para mahasiswa baru diajak untuk mengunjungi laboratorium Prodi Biologi dan Prodi Agroteknologi yang berada di kampus Bambu Kuning. Didampingi oleh panitia, mahasiswa baru diperkenalkan mengenai sejumlah laboratorium dan peralatan yang ada.

Selain itu, mahasiswa baru juga dikenalkan tentang Himpunan Mahasiswa (Hima) dari prodi Biologi dan prodi Agroteknologi serta BSO seperti Forum Studi Primata “Lutung” (FSP), Marine Conservation Club (MCC), Kelompok Studi Penyu Laut “Chelonia” (KSPL), Kelompok Studi Ekologi Perairan (KSEP), Biological Bird Club “Ardea” (BBC), Kelompok Studi Herpetologi “Sahul” (KSH) dan Bioindustry Innovation Club (BIC). (*DMS)

Bagikan :
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2024/2025

Hari : Kamis 

Tanggal : 19 September 2024

Pukul : 07.00 – 17.00 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS
  4. FAKULTAS TEKNOLOGI  KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Hari : Jum’at

Tanggal : 20  September 2024

Pukul : 07.00 – 16.00 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS HUKUM
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!