PPU UNAS Gelar Screening Kesehatan untuk Civitas Akademika dalam Rangka Dies Natalis ke-75

Jakarta (UNAS) – Dalam rangka memperingati Dies Natalis Universitas Nasional (UNAS) yang ke-75, Paguyuban Perempuan UNAS (PPU) bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu dan Puskesmas Jati Padang mengadakan kegiatan screening kesehatan bagi civitas akademika UNAS. Kegiatan ini berlangsung pada Rabu (2/10) di Klinik Universitas Nasional, dengan fokus pada deteksi dini penyakit menular dan tidak menular.

Ketua PPU, Dr. Cholisah Suralaga, M.Kes., yang juga menjabat sebagai Kepala Klinik UNAS, menegaskan pentingnya kesadaran terhadap kesehatan, khususnya dalam mendeteksi penyakit sejak dini. “Pemeriksaan kesehatan ini adalah langkah penting untuk menangani penyakit sedini mungkin. Banyak masyarakat yang cenderung hanya membeli obat di warung tanpa berkonsultasi dengan dokter. Kegiatan skrining ini diharapkan dapat menemukan penyakit sebelum berkembang lebih jauh agar segera ditangani,” jelasnya.

Selain melakukan skrining kesehatan fisik, kegiatan ini juga mencakup pemeriksaan kesehatan mental. “Saat ini, kesehatan mental sangat penting. Banyak orang yang terlihat sehat secara fisik, namun ternyata mengalami gangguan kejiwaan. Oleh karena itu, kami juga mengadakan skrining kejiwaan dalam rangkaian kegiatan ini,” tambah Dr. Cholisah.

Selama acara, peserta menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan, seperti pengukuran tinggi badan, berat badan (BB), lingkar perut, tekanan darah, serta tes gula darah. Selain itu, tersedia layanan Voluntary Counseling and Testing (VCT) untuk mengetahui status HIV, TBC, serta pemeriksaan kesehatan wanita seperti Papsmear, Sadari, dan IVA Test.

Diharapkan melalui deteksi dini ini, civitas akademika UNAS dapat lebih memahami kondisi kesehatannya dan menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah penyakit tidak menular. (TIN)

Bagikan :
Baca Juga :   Mahasiswa Pendidikan Profesi Ners Ikuti Pelatihan BTCLS Gelombang ke-5
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2024/2025

Hari : Kamis 

Tanggal : 19 September 2024

Pukul : 07.00 – 17.00 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS
  4. FAKULTAS TEKNOLOGI  KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Hari : Jum’at

Tanggal : 20  September 2024

Pukul : 07.00 – 16.00 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS HUKUM
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!