UNAS Berikan Kontrak Kepada 11 Penerima Hibah DRTPM Kemdikbudristek Tahun 2024

Jakarta (UNAS) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) dan Biro Administrasi Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Biro PPM) Universitas Nasional menyelenggarakan Coffee Morning dengan tema “Diskusi Terfokus Proposal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat serta Penandatanganan Kontrak Hibah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dari DRTPM Kemdikbudristek Tahun 2024”, Kamis, 11 Juli 2024, di Ruang Exhibition UNAS.

Pada tahun ini, UNAS menerima 11 hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari DRTPM Kemdikbudristek Tahun 2024. Penyerahan itu dilakukan dengan penandatanganan kontrak oleh masing-masing penerima.

Wakil Rektor UNAS Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerjasama Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt. saat menyampaikan sambutan dalam acara Coffee Morning “Diskusi Terfokus Proposal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat serta Penandatanganan Kontrak Hibah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dari DRTPM Kemdikbudristek Tahun 2024”.

Wakil Rektor UNAS Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerjasama Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt. dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada penerima hibah penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang telah menandatangani kontrak Hibah. Ia juga mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi para dosen lainnya untuk mempersiapkan proposal penelitian maupun pengabdiannya.

Prof. Erna melanjutkan bahwa aktivitas penelitian, pengabdian kepada masyarakat, maupun publikasi yang dilakukan oleh dosen sangat berdampak kepada UNAS salah satunya dengan proses akreditasi institusi. Ia pun memberi semangat kepada para dosen untuk giat melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat agar jumlah hibah UNAS meningkat.

“Mari kita gotong-royong untuk meningkatkan perolehan hibah penelitian dari Dikti,” ujar Prof. Erna.

Ia pun menyatakan agar para dosen, dalam membuat proposal perlu berkolaborasi baik dengan satu rumpun ilmu maupun dengan lintas keilmuan lain. Menurutnya, jika kolaborasi dilakukan dengan lintas keilmuan lain akan menciptakan proposal yang bervariasi. “Jadi, kita perlu bekerjasama dengan dosen-dosen dari lintas ilmu lain agar proposal yang diajukan pengusul menjadi kaya pembahasan dan bervariasi,” ungkapnya.

Baca Juga :   Pertukaran Mahasiswa Merdeka 3 (PMM3)

Lebih lanjut sebelum menutup sambutannya, Prof. Erna menyampaikan agar para dosen tetap semangat dalam menulis serta melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat demi kepentingan bersama termasuk UNAS.

Dalam kegiatan ini juga diisi dengan sharing session terkait Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat oleh Ketua LPPM UNAS Dr. Ir. Nonon Saribanon, M.Si. dan terkait dengan SIPPM, Website PPM serta Pengajuan Proposal Penelitian dan PKM oleh Kepala Biro PPM Dr. Ir. Tri Waluyo, M.Agr.

Adapun 11 penerima hibah dikti tahun 2024 diantaranya yaitu (1) Dosen FTKI Ir. Asrul Sani, ST, MT, M.Kom, Ph.D., beranggotakan Ira Diana Sholihati, S.Si., MMSI., dan Dr. Andrianingsih, S.Kom., M.M.S.I., yang juga Kaprodi Sistem Informasi, dengan judul penelitian “Pengembangan  Teknologi  Seluler  berbasis Cloud Computing untuk Meningkatkan Aksesibilitas Informasi Kesehatan di Daerah Terpencil Menyongsong Indonesia Emas 2045”, (2) Dekan FISIP UNAS Dr. Erna Ermawati Chotim, M.Si., beranggotakan Dr. Andi Achdian,M.Si., Ichmi Yani Arinda Rohmah, S.Pd., M.Sos., dan Dr. Bhakti Nur Avianto, S.IP., M.Si., dengan judul penelitian “Pengembangan Model Badan Usaha Ekonomi ‘KREASI’  (Keuangan  Remitansi  untuk  Ekonomi Aman dan Stabil) dalam Ketahanan Purna Migran di Kabupaten Indramayu”, (3) Dosen FTKI Dr. Fauziah S.Kom, MMSI., beranggotakan Dr. Ir. Nonon Saribanon, M.Si., dan Prof. Dr. Ir. Lilik Budi Prasetyo, M.Sc., (IPB) dengan judul penelitian “New Model Kerentanan Lahan Gambut Kabupaten Bengkalis Terhadap Kebakaran Pada Fase ENSO Dengan Pendekatan Machine Learning”.

Kemudian, (4) Wakil Dekan FTS Basori, S.T., M.T., Ph.D., beranggotakan Ruliyanto, S.T., M.T., Ph.D., Dr. Ferry Budhi Susetyo ST. MT., (UNJ), Dr. Cahaya Rosyidan, S.Si., M.Sc., (USAKTI), Evi Ulina Margareta, S.Si., M.Si., (Unika Atmajaya), Dr. Sigit Dwi Yudanto, S.T., M.Si., (BRIN), dan Dr. Maman Kartaman Ajiriyanto, M.T., (BRIN) dengan judul penelitian “Elektrodeposisi Cu pada Al yang dipengaruhi medan magnet yang berputar dan rapat arus untuk aplikasi alat medis di ambulans”, (5) Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prof. Dr. Irma Setyawati, S.E., M.M., CPF., CRP., beranggotakan Dr. Andini Nurwulandari, S.E., M.M., Dr. Ir. Dipa Teruna Awaloedin, B.Sc., S.E., Ak., M.M., M.Ak., CA.., dan Raden Parianom, SE., M.SE., (UPNVJ) dengan judul penelitian “Model Desain Eksperimental Kesenjangan Penerima Kredit Usaha Rakyat, pada UMK di Depok, Jawa Barat”, (6) Dosen FTKI Dr. Septi Andryana, S.Kom, MMSI., beranggotakan Dr. Mohammad Iwan Wahyuddin, S.T.,M.T., Dr. H. Benrahman, B.Sc, S.Kom, MMSI., dan Abdul Rahman Wijaya Putra, S.S., M.Hum., dengan judul penelitian “Optimisasi Strategi Pemasaran Kopi Melalui Pengembangan Ekonomi Digital Menggunakan Pendekatan MCDM Berbasis Artificial Intelligence”.

Baca Juga :   Pakar Menilai Pendekatan Keagamaan Ampuh dalam Mengatasi Kebakaran Hutan dan Lahan Gambut

Selanjutnya, (7) Wakil Dekan FBP Prof. Dr. Sri Endarti Rahayu, M.Si., beranggotakan Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt., dan Alvira Noer Effendi, S.Si., M.Si., dengan judul penelitian “Potensi Biji Pandan Laut (Pandanus tectorius) sebagai Antioksidan dan Antikolinesterase untuk Penyakit Alzheimer”, (8) Dosen FTKI Dr. Ucuk Darusalam, S.T., M.T beranggotakan Dr. Agung Triayudi, S.Kom., M.Kom., dan Dr. Mohammad Iwan Wahyuddin, S.T.,M.T., dengan judul penelitian “Perancangan  Prototipe  Mobile  Li-Fi  Network Untuk Mendukung Infrastruktur Smart City dan Akselerasi Digital Economy”, (9) Dosen Fakultas Hukum Dr. Ummu Salamah, S.Ag., S.H., M.A., beranggotakan Dr. Mustakim, S.H., M.H., dan Dr. Ismail Rumadan, M.H., dengan judul penelitian “Akses Keadilan Terhadap Perempuan Akibat Tindakan Represifitas Negara di Wilayah Konflik Lahan Adat”.

(10) Dosen FBP Dr. Vivitri Dewi Prasasty, M.Si., beranggotakan Prof. Dr. Sri Endarti Rahayu, M.Si., Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt.,dan Dr. Ellya Sinurat, S.Si, M.Si., (BRIN) dengan judul penelitian “Pengembangan   Suplemen   Gummy   Herbal Berbahan Multi-Sinergi dari Daun Sirsak, Kunyit dan Temu Lawak sebagai Agen Antikanker dan Imunostimulan”, serta (11) Dekan FIKES Prof. Dr. Retno Widowati, M.Si. beranggotakan Dr. Rukmaini, S.ST., M.Keb., dan Febry Mutiariami Dahlan, S.ST., Bdn., M.Keb. dengan judul Pengabdian Kepada Masyarakat “Pemanfaatan Konsumsi Jambu Kristal Untuk Peningkatan Kadar Hemoglobin Ibu Hamil”. (*DMS)

 
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!