UNAS FEST 2024: Mendorong Inovasi Teknologi Energi Terbarukan untuk Mencapai Momentum Hijau Global

Jakarta (UNAS) – Universitas Nasional (UNAS) melalui Biro Kemahasiswaan dan Alumni kembali menggelar UNAS FEST 2024 dengan acara pembuka berupa Seminar Internasional yang mengangkat tema “Exploring the Potential of Renewable Energy Through Technological Innovation to Achieve Global Green Momentum.” Acara ini berlangsung pada Selasa, (17/9), secara hybrid di Auditorium Cyber UNAS dan zoom meeting.

UNAS FEST merupakan salah satu kegiatan untuk memeriahkan Dies Natalis UNAS ke-75 tahun. Ketua Pelaksana UNAS FEST 2024 Nabila Shafa Sabrina, S.Sos., menyampaikan laporan kegiatan UNAS FEST 2024 selama masa persiapan acara. UNAS FEST ini rutin diadakan setiap tahun dengan berbagai inovasi dan rangkaian acara yang menarik.

Shafa melanjutkan, tujuan UNAS FEST 2024 yaitu mengembangkan pemikiran kritis di kalangan mahasiswa/I dalam menanggapi isu terkait energi terbarukan, menguatkan semangat jiwa ilmiah, dan kompetitif kepada mahasiswa/i.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni UNAS, Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., dengan pemukulan Gong sebagai simbol dimulainya rangkaian UNAS FEST 2024. Ia menyampaikan bahwa tema UNAS FEST 2024 ini sangat relevan dengan tantangan global  saat ini. Prof. Suryono juga mengapresiasi kolaborasi mahasiswa dari berbagai universitas, yang akan memperkuat kemampuan generasi muda dalam mengembangkan solusi energi berkelanjutan.

“Melalui seminar ini, semoga dapat memperluas wawasan dan pemahaman tentang pentingnya energi terbarukan dan menciptakan momentum hijau secara global melalui kolaborasi untuk masa depan yang lebih berkelanjutan,” tegasnya. Sambutan yang disampaikan oleh Prof. Suryono menekankan pentingnya sinergi antara pengembangan soft skills dan hard skills, serta peran mahasiswa dalam mewujudkan momentum hijau global.

Adapun yang hadir dalam kegiatan ini, Ir. Agus Cahyono Adi, M.T., Kepala Biro Komunikasi Publik dan Kerja Sama di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral sebagai Keynote Speaker yang memaparkan tentang kebijakan dan strategi pemerintah dalam mendorong penggunaan energi terbarukan. Selain itu, seminar ini juga menghadirkan narasumber ahli seperti Dr. Nadrah Azmi, Ph.D., pakar panel surya, Herlina Pebriani dari The Climate Reality Project Indonesia, dan Muhammad Rachmat Kaimuddin, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Maritim dan Investasi serta pemaparan materi oleh Dr.Fachruddin Majeri Mangunjaya, Dekan Fakultas Biologi, dan Agung Iswadi, Ph.D., dari Fakultas Teknik dan Sains UNAS.

Baca Juga :   Eko pesantren : Inilah Para Pemenang Program Ekopesantren 2024, PPI UNAS Lakukan Web Tracking Aksi Lingkungan Hidup Untuk Pesantren Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan

Selain itu, terdapat empat lomba kegiatan dalam UNAS FEST yaitu English Debat Competition (EDC), Kompetisi Debat Bahasa Indonesia (KDBI), Scientific Paper Competition (SPC), dan Short Movie Competition (SMC). Empat lomba ini akan dilaksanakan dari tanggal (18-20/9) yang merupakan babak penyisihan dari semua cabang perlombaan, dan pada (6-7/11) merupakan puncak dari acara UNAS FEST 2024. (SAF)

Bagikan :
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2024/2025

Hari : Kamis 

Tanggal : 19 September 2024

Pukul : 07.00 – 17.00 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS
  4. FAKULTAS TEKNOLOGI  KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Hari : Jum’at

Tanggal : 20  September 2024

Pukul : 07.00 – 16.00 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS HUKUM
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!