UNAS Jadi Tuan Rumah dalam Penjajakan Kerjasama Internasional Bersama BUFS Korea

Jakarta (UNAS) – Kantor Kerjasama Internasional Universitas Nasional (KKI UNAS) menjadi tuan rumah dalam kedatangan delegasi Busan University of Foreign Studies (BUFS) dengan maksud penjajakan kerjasama. Kegiatan ini berlangsung di Korea Corner UNAS, Senin, (15/7).

Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 WIB, dipandu oleh Nyoman Elly Swandayani selaku pembawa acara. Dilanjutkan dengan pembukaan oleh Dr. Sugardjito selaku Direktur KKI, Sambutan oleh Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., selaku Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, Sambutan oleh Prof. Sun Hee Kwon selaku Dekan Internasiol BUFS, Presentasi seputar UNAS oleh M.A Inez Saptenno, M.Li., selaku Kepala KKI UNAS, serta dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab.

Dr. Sugardjito selaku Direktur KKI (kiri) memberikan cerindera mata kepada salah satu mahasiswa BUFS Prodi Bahasa Indonesia.

Dr. Sugardjito selaku Direktur KKI  mengatakan bahwa tujuan utama dalam pertemuan ini adalah untuk membangun kerjasama antara UNAS dan Universitas Busan, yang mencakup tiga Fakultas: Fakultas Hukum, Fakultas Bahasa dan Sastra, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Ia berharap, pertemuan ini dapat menghasilkan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) antara kedua universitas, serta MoA (Memorandum of Agreement) antara ketiga fakultas.

“Semoga dalam pertemuan ini dapat menerima mahasiswa dari Busan yang ingin belajar bahasa Indonesia di UNAS dan sebaliknya, mengirim mahasiswa Indonesia ke Busan dalam program pertukaran mahasiswa,” ujarnya.

Dalam sambutanya, Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., mengucapkan selamat  datang kepada Prof. Sun Hee Kwon selaku Dekan Internasional BUFS, Mr. SeungHun Lee selaku staf luar negeri BUFS, dan Ms. Giartina Sulistyorini selaku mahasiswa BUFS prodi bahasa Indonesia BUFS. UNAS sangat menyambut peluang kerjasama ini, tidak hanya akan memperkuat hubungan akademis dan budaya antara kedua institusi, namun juga akan membuka berbagai kesempatan baru bagi mahasiswa, dosen, dan peneliti untuk berkembang dan berinovasi di kancah Internasional.

Baca Juga :   Alumni Fakultas Ekonomi Selenggarakan Donor Darah

“Kerjasama ini mencakup berbagai bidang, diantaranya adalah pertukaran mahasiswa dan dosen dan kolaborasi penelitian. Melalui kerjasama ini, dapat membangun jembatan pengetahuan dan pemahaman yang lebih luas, serta menciptakan dampak positif bagi masyarakat global,” tuturnya. Ia melanjutkan, terkait pertukaran dosen untuk mengajar secara online di kedua universitas, serta kerjasama penulisan artikel di jurnal internasional yang ada di Busan maupun UNAS.

Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., selaku Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, menerima tanda mata dari Prof. Sun Hee Kwon selaku Dekan Internasional BUFS.

Dalam kesempatan yang sama, Prof. Sunhee Kwon menyampaikan bahwa kolaborasi dalam bidang akademik, penelitian, pertukaran mahasiswa dan dosen, serta program-program yang lainnya sangat membawa manfaat besar bagi kedua belah pihak. “Melalui kerjasama ini, UNAS dan BUFS dapat menciptakan lingkungan akademik yang lebih dinamis dan inovatif, serta membuka peluang bagi mahasiswa dan dosen guna mendapatkan pengalaman serta wawasan Internasional,” pungkasnya.

Dalam pemaparan, M.A Inez Saptenno, M.Li.,  mengatakan bahwa Pembiayaan menjadi salah satu topik diskusi penting dalam pertemuan ini. Pembiayaan merupakan aspek krusial dalam setiap kerjasama internasional Ia menambahkan, salah satu harapan lainnya adalah menjajaki program degree bersama, yakni mahasiswa dapat menghabiskan dua tahun di UNAS dan dua tahun di Busan, dengan beasiswa yang disediakan bagi mahasiswa Indonesia. Dengan pertemuan ini, UNAS berharap dapat memperkuat jalinan kerjasama Internasional yang saling menguntungkan dan membuka peluang baru bagi mahasiswa dan staf akademik dari kedua universitas.

Adapun yang hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., Direktur KKI UNAS Dr. Sugardjito, Kepala KKI UNAS M.A., Inez Saptenno, M.Li., Dekan Internasional BUFS Prof. Sun Hee Kwon, Mr. SeungHun Lee selaku staf luar negeri BUFS, Ms. Giartina Sulistyorini selaku mahasiswa BUFS prodi bahasa Indonesia BUFS, Dekan Bahasa dan Sastra Dr. Drs. Somadi Sosrohadi, M.Pd., beserta dosen fakultas bahasa dan sastra, fakultas hukum dan ekonomi. (SAF)

Baca Juga :   Kerjasama Akademi Pariwisata Nasional (AKPARNAS) dengan Kapal Pesiar Galaxy Tri Star Cruise-Ship
Bagikan :
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!