UNAS Lepas Mahasiswa FTS untuk Program Magang di Jepang, Wujud Komitmen Go International

Jakarta (UNAS) – Fakultas Teknik dan Sains (FTS) Universitas Nasional (UNAS) mengadakan sesi pembekalan bagi mahasiswa peserta program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang akan menjalani magang di Jepang. Kegiatan ini berlangsung di ruang Rektorat UNAS pada Kamis (19/9), sebagai bagian dari persiapan keberangkatan dua mahasiswa yang terpilih untuk menjalani magang di MIZUHO SPRING Co.Ltd, Nagoya, Jepang.

Dalam pembekalan tersebut, Rektor UNAS, Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A., menegaskan bahwa program ini merupakan bagian dari komitmen Universitas Nasional dalam mendukung mahasiswa mendapatkan pengalaman internasional. “Melalui program ini, mahasiswa bisa memperluas wawasan global dan menyiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja dengan pengetahuan yang diperoleh di Jepang. Selain itu, program ini mendukung pencapaian visi universitas untuk Go International,” ungkapnya.

Sesi pembekalan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknik dan Sains, Ir. Ruliyanto, S.T., M.T., Ph.D., Ketua Program Studi Teknik Elektro, Idris Kusuma, ST, MT; Sekretaris Program Studi Teknik Elektro, Fuad Djauhari, ST, MT; Ketua Program Studi Teknik Mesin, Fahamsyah, ST, MSi, Ph.D.; Sekretaris Program Studi Teknik Mesin, Agung Iswadi, S.Si, M.Si, Ph.D.; serta Kepala Divisi Kerjasama Luar Negeri KKI UNAS, Dra. M.A. Inez Saptenno, M.Li., dan Kepala Pusat Pengkajian Jepang, Dra. Ucu Fadhilah, M.Hum. serta juga turut hadir orang tua dari mahasiswa yang akan berangkat.

Pembekalan ini bertujuan untuk memastikan mahasiswa siap secara mental dan akademik sebelum berangkat. Rektor UNAS berpesan bahwa melalui program ini, mahasiswa tidak hanya belajar tentang teknologi dan industri di Jepang, tetapi juga belajar untuk beradaptasi dengan budaya dan lingkungan baru. “Mahasiswa harus mampu menjadi ‘warga dunia’ yang siap berinteraksi di tengah globalisasi tanpa batas antarnegara. Penting untuk bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru,” ujarnya.

Baca Juga :   Webinar Komunikasi Digital “Strategi Komunikasi Digital pada kondisi New Normal”

Program magang ini merupakan hasil kerjasama UNAS dengan MIZUHO SPRING Co.Ltd, sebuah perusahaan di Nagoya, Jepang, yang akan menerima mahasiswa magang selama satu tahun. Peserta magang terdiri dari dua mahasiswa FTS UNAS, yaitu Irfan Marwansyah dari Program Studi Teknik Elektro dan M Rio Nur Alpifajrin dari Program Studi Teknik Mesin. Mereka merupakan bagian dari 15 mahasiswa yang telah lulus proses seleksi dan menyelesaikan kursus bahasa Jepang selama 300 jam.

Pembekalan ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi kehidupan di Jepang, baik dari segi akademis maupun sosial. Dengan dukungan dari pihak universitas, diharapkan mereka mampu menjalani program ini dengan sukses dan kembali dengan pengalaman yang memperkaya diri serta menginspirasi mahasiswa lainnya. (*VIN)

Bagikan :
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2024/2025

Hari : Kamis 

Tanggal : 19 September 2024

Pukul : 07.00 – 17.00 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS
  4. FAKULTAS TEKNOLOGI  KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Hari : Jum’at

Tanggal : 20  September 2024

Pukul : 07.00 – 16.00 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS HUKUM
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!