UNAS Raih Medali Perunggu di Ajang Film Pendek di Malaysia

Negeri Sembilan, Malaysia (UNAS) – Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Nasional (UNAS) berhasil meraih medali perunggu (Pingat Gangsa) dalam kategori Film Pendek pada ajang Digital Innovation Creativepreneur (DICE) 2.0. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia dan Universitas Sultan Zainal Abidin sebagai koordinator acara, yang berlangsung dari November 2023 hingga Agustus 2024.

DICE 2.0 kali ini menggelar empat kategori lomba, yaitu Virtual Reality, Film Pendek, Animasi, dan Digital Games. Ajang ini bertujuan untuk memperkenalkan industri teknologi digital kepada mahasiswa di Malaysia dan ASEAN, dengan fokus pada pengembangan konten kreatif digital di tingkat perguruan tinggi.

Lebih dari 250 mahasiswa dari 48 universitas berpartisipasi dalam kompetisi ini, menghasilkan lebih dari 50 karya kreatif, termasuk animasi, film pendek, aplikasi augmented reality, aplikasi virtual reality, dan game mobile.

Wakil Menteri Pendidikan Tinggi Malaysia, YB Datuk TS. Mustapha Sakmud, menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan acara ini. Ia menegaskan bahwa DICE 2.0 adalah salah satu upaya penting dalam membangun platform yang mendukung pengembangan bakat kreatif mahasiswa, serta meningkatkan kualitas produk dan inisiatif promosi karya kreatif di sektor pendidikan tinggi.

“Dengan adanya kolaborasi dengan berbagai industri, seperti Malaysia Digital Economy Corporation (MDeC), CRADLE Fund Sdn. Bhd., KRU Entertainment, dan banyak lagi, program ini semakin memperkuat kemampuan kreatif mahasiswa di Malaysia dan ASEAN,” ungkap Mustapha Sakmud dalam upacara penutupan DICE 2.0 pada 19 Agustus 2024.

Tim Ilmu Komunikasi FISIP UNAS yang beranggotakan Aura Fadhilah, Bela Marhanda Febiola, Zahra Aulia Ramadhani, dan Inayah Al Adawiyah, didampingi oleh pembina Umar Fauzi Bahanan, M.Si, Dr. Irfan Fauzi, dan Nursatyo, M.Si, berhasil membawa pulang medali perunggu dalam kategori Film Pendek.

Baca Juga :   RAKER FIKES UNAS Genjot Kualitas Tridharma Agar Jadi Fakultas Unggul PTS

Aura Fadhilah, produser film mahasiswa FISIP UNAS, menyatakan kebahagiaannya atas pencapaian ini. “Kami sangat senang bisa terlibat dalam kegiatan ini. Selain mendapatkan teman dan pengalaman baru, kami juga jadi lebih paham bahwa banyak generasi muda yang tertarik pada produksi film, animasi, dan game digital,” ujarnya setelah menerima medali perunggu (20/8) . Selain meraih medali perunggu, UNAS juga dianugerahi Juara untuk Booth dengan Informasi Terlengkap pada ajang DICE 2.0.(UFB)

Bagikan :
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!