Yudisium FH Tekankan Pentingnya Etika Profesi dalam Bekerja

Jakarta (UNAS) – Fakultas Hukum Universitas Nasional (UNAS) kembali melakukan yudisium guna melepas dan memberikan pembekalan kepada lulusan, Sabtu (18/05). Pada periode ini, para lulusan dibekali mengenai pentingnya etika profesi dalam bekerja. 

Dekan Fakultas Hukum UNAS Prof. Dr. Basuki Rekso Wibowo, S.H., M.S.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber yang kompeten dalam bidang hukum yakni Juru Bicara Mahkamah Konstitusi RI, Fajar Laksono, S.H., M.H. Ia mempresentasikan materinya mengenai pentingnya etika profesi dalam penegakan hukum, melalui perspektif konstitusi.  “Profesi hukum merupakan bidang yang menjunjung tinggi kemanusiaan yang adil dan beradap yang dapat dicerminkan ke dalam perilaku adanya pengakuan atas persamaan derajat, hak, dan kewajiban, toleran dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan,” paparnya. 

Ia menambahkan, dalam menjalankan profesi hukum tersebut diharuskan memahami etika profesi agar dapat bekerja secara profesional dan tetap menjunjung hak asasi manusia.  “Ketika terjun ke dunia kerja, lulusan perlu memahami dengan baik etika profesi mulai dari bagaimana cara berbicara, bertindak, dan mengambil keputusan secara profesional,” ucapnya.  Fajar juga menuturkan bahwa para lulusan perlu melakukan beberapa kebiasaan baik ketika bekerja nanti, seperti berani bertindak kritis, menghargai perbedaan, hidup mandiri, berkomunikasi dengan baik, dan mengontrol keuangan. “Tak hanya itu, hilangkan pikiran overthinking, pandai mengatur waktu, kerja keras dan kerja cerdas, menjaga kesehatan, serta perhatikan asupan makanan yang sehat,” pungkasnya. 

Hilda Dewi dengan IPK 3,88 menjadi lulusan terbaik Fakultas Hukum UNAS semester ganjil tahun akademik 2023/2024

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum UNAS Prof. Dr. Basuki Rekso Wibowo, S.H., M.S., mengatakan bahwa yudisium ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan dalam rangka melepas para lulusan ditingkat fakultas. “Dalam kegiatan ini kami juga memberikan gambaran mengenai dunia kerja sebagai tempat para lulusan berkompetisi dan bersaing, karena ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan,” katanya.

Baca Juga :   UNAS Jadi Salah Satu Perguruan Tinggi Percontohan di Indonesia - Supervisi dan Bimtek Pemetaan Mutu 2013

Dekan melanjutkan, dalam yudisium ini Fakultas Hukum juga memberikan apresiasi kepada para lulusan terbaik atas kerja keras dan dedikasinya selama perkuliahan. Adapun lulusan terbaik Fakultas Hukum UNAS semester ganjil tahun akademik 2023/2024 diraih oleh Dina Liliyana dengan IPK 3,99 dari Prodi Magister Hukum, serta Hilda Dewi dengan IPK 3,88 dari Prodi Sarjana Hukum. 

lulusan terbaik Fakultas Hukum UNAS semester ganjil tahun akademik 2023/2024 diraih oleh Dina Liliyana dengan IPK 3,99 dari Prodi Magister Hukum.

Fakultas Hukum juga memberikan penghargaan kepada peringkat kedua lulusan terbaik Prodi Sarjana Hukum yakni Belva Mulia dengan IPK 3,87, dan Rizky Adinda Novendry dengan IPK 3,87. Pada periode ini, Fakultas Hukum meluluskan 25 lulusan Magister dan 84 lulusan Sarjana.(NIS). 

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!